ASYIK! Warga Tulungagung Dapat BLT Rp900 Ribu Bukan Bansos PKH, Ini Penjelasan Lengkapnya

- 5 Februari 2024, 19:05 WIB
Ilustrasi. Bansos yang cair di awal tahun 2024 tidak hanya dari pemerintah pusat. Ada pemerintah daerah yang juga menyalurkan BLT Dana Desa.
Ilustrasi. Bansos yang cair di awal tahun 2024 tidak hanya dari pemerintah pusat. Ada pemerintah daerah yang juga menyalurkan BLT Dana Desa. /Pixabay


BERITASOLORAYA.com - Awal tahun 2024 menjadi hujan bansos atau bantuan sosial bagi masyarakat di Indonesia. Sebab, pemerintah mulai menyalurkan berbagai bansos yang berupa barang maupun uang tunai.

Bansos yang mulai disalurkan pemerintah pusat adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) untuk anak sekolah, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Mitigasi Risiko Pangan, dan bansos beras 10 kilogram.

Tak hanya pemerintah pusat, pemerintah daerah juga menyalurkan sejumlah bansos untuk warga kurang mampu yang tidak terdaftar sebagai penerima bansos dari pemerintah pusat.

Seperti di wilayah Kabupaten Tulungagung. Dilansir BeritaSoloRaya.com dari laman resmi Pemda Tulungagung, Senin 5 Februari 2024, Pemerintah Kabupaten Tulungagung menyalurkan BLT yang bersumber dari Dana Desa atau BLT Dana Desa.

Baca Juga: SIAP CAIR FEBRUARI 2024! Simak Syarat Penerima dan Update Info BLT BPNT Tahap 1 Rp200 Ribu, Cek Link Berikut

BLT Dana Desa Tahap 1 atau Triwulan 1 untuk Desa Ringinpitu, Kecamatan Kedungwaru disalurkan bagi 62 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Dari jumlah itu, terdiri dari 2 penerima bantuan yang merupakan keluarga Desil, 32 penerima bantuan adalah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), serta 28 penerima bantuan lainnya dari hasil musyawarah desa.

Terkait besaran BLT Dana Desa di wilayah Tulungagung yaitu sebesar Rp300 ribu per bulan.

Untuk tahap 1, BLT Dana Desa dicairkan secara rapel 3 bulan yaitu alokasi Januari, Februari, dan Maret 2024 dengan total Rp900 ribu.

Halaman:

Editor: Egia Astuti Mardani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x