KPM Siap-Siap Terima Rp600 Ribu, Ini Penjelasan Soal BLT Mitigasi Risiko Pangan Januari Sampai Maret 2024

- 13 Februari 2024, 13:13 WIB
Ilustrasi penyaluran BLT Mitigasi Risiko Pangan kepada KPM untuk periode Januari hingga Maret 2024
Ilustrasi penyaluran BLT Mitigasi Risiko Pangan kepada KPM untuk periode Januari hingga Maret 2024 /Pixabay/niekverlaan

BERITASOLORAYA.com - BLT Mitigasi Risiko Pangan kabarnya akan dibayarkan secara rapel sehingga KPM atau Keluarga Penerima Manfaat bisa mendapat jatah sampai Rp600.000 pada saat pencairan tiba.

Seperti diiberitakan sebelumnya,Pemerintah akan menyalurkan bantuan langsung tunai atau BLT Mitigasi Risiko Pangan sebesar Rp200.000 per bulan tiga periode berturut-turut, yakni mulai Januari, Februari, dan Maret 2024.

BLT Mitigasi Risiko Pangan ini ditujukan kepada 18,8 juta KPM. Total anggaran untuk BLT Mitigasi Risiko Pangan ini berjumlah sebesar Rp 11,25 triliun.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan bahwa BLT Mitigasi Risiko Pangan ini dianggarkan untuk jatah periode tiga bulan di awal tahun. Program penyaluran BLT ini nantinya akan dievaluasi kembali di bulan Maret 2024.

Baca Juga: Ditolak KUR BRI 2024? 4 Program Layanan Pinjaman BRI Online Ini Bisa Dicoba Pakai HP Selama 24 Jam!

BLT Mitigasi Risiko Pangan ini memiliki tujuan untuk menjaga dan melindungi daya beli masyarakat, khususnya pada waktu terjadi inflasi pangan.

“Jumlahnya Rp200.000 per bulan dan sehingga tentu ini kita baru anggarkan yang disetujui Menteri Keuangan, dievaluasi tiga bulan. Jadi, sampai bulan Maret dulu, nanti kita evaluasi, baru berikutnya nanti kita lihat kembali,” kata Airlangga, dikutip BeritaSoloRaya.com dari laman Pemerintah Kotamobagu Desa Bungko pada 13 Februari 2024.

BLT Mitigasi Pangan ini diberikan sebagai pengganti dari BLT El Nino yang tidak lagi disebarkan pada tahun 2024.

Sebelumnya, program BLT El Nino telah disalurkan kepada sebanyak 10 juta KPM yang terdampak bencana alam dan kekeringan.

Halaman:

Editor: Dian R.T.L. Syam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x