KABAR BAIK, PIP 2024 Madrasah Segera Cair Pekan Ini, Siswa MA Dapat Rp1,8 Juta

- 14 Februari 2024, 07:15 WIB
Ilustrasi. Pencairan PIP 2024 Madrasah tahap 1 akan dimulai pekan kedua Februari. Kabar baik untuk siswa-siswi madrasah penerima PIP 2024.
Ilustrasi. Pencairan PIP 2024 Madrasah tahap 1 akan dimulai pekan kedua Februari. Kabar baik untuk siswa-siswi madrasah penerima PIP 2024. /kemenag.go.id



BERITASOLORAYA.com – Beasiswa PIP 2024 Madrasah akan segera cair. Kabarnya pencairan tahap 1 PIP 2024 Madrasah akan dilaksanakan pada pekan kedua Februari. Siswa-siswi madrasah penerima PIP 2024 Madrasah mendapat kabar baik ini.

Kabar baik kali ini datang dari Kementerian Agama (Kemenag) melalui Dirjen Pendidikan Islam M Ali Ramdhani. Dalam Rapat Koordinasi Teknis Persiapan Penyaluran Anggaran PIP 2024 secara online melalui zoom meeting, ia menegaskan beasiswa PIP 2024 Madrasah segera cair.

Dilansir BeritaSoloRaya.com dari laman resmi Kemenag, beasiswa PIP 2024 Madrasah merupakan bantuan pendidikan bagi siswa madrasah jenjang pendidikan dasar dan menengah atau MI, MTs, dan MA.

Dalam pemaparannya, Ali Ramdhani mengatakan bahwa beasiswa PIP 2024 Madrasah merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat kurang mampu agar mereka tetap bersekolah.

Baca Juga: PERHATIAN, Aktivasi Rekening PIP Diperpanjang Lagi sampai 29 Februari 2024, Cek Syarat dan Langkah-Langkahnya…

Ia berpesan agar siswa madrasah memiliki cita-cita setinggi mungkin. Jangan sampai keterbatasan ekonomi membatasi cita-citanya.

“Murid-murid madrasah harus bercita-cita setinggi mungkin. Janganlah keterbatasan ekonomi maupun keterbatasan lainnya membatasi cita-cita mereka. Pupuk terus semangat untuk belajar dan belajar. Jangan khawatir dengan biaya. Pemerintah Indonesia telah memfasilitasi kalian semua,” kata Ali pada rapat yang diadakan pada Selasa, 13 Februari 2024 tersebut.

Ia menambahkan, “Jangan sampai ada siswa tidak bisa melanjutkan pendidikan kesarjanaan yang bermutu hanya gara-gara keterbatasan ekonomi. Pemerintah menyediakan beasiswa bagi anak-anak Indonesia, salah satunya melalui Kementerian Agama,” sambungnya.”

Lebih lanjut, Direktur KSKK Madrasah, M. Sidik Sisdiyanto mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan anggaran PIP 2024 Madrasah sebesar Rp1,3 Triliun.

Jumlah tersebut terdiri atas Rp422 miliar untuk siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), Rp558 miliar untuk siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 320 miliar untuk siswa Madrasah Aliyah (MA).

Baca Juga: Batas Aktivasi Rekening PIP 2024 Maksimal 29 Februari, Jangan Sampai Terlewat agar Bantuan Tidak Hangus!

Kabar baiknya, Sidik menambahkan bahwa anggaran PIP 2024 Madrasah akan dicairkan dalam dua tahap. Tahap pertama pencairan dilakukan pada minggu kedua Februari 2024 sebesar Rp900 miliar.

Ia menambahkan bahwa tahun ini merupakan tahun pertama PIP 2024 Madrasah mengalami kenaikan, khususnya bagi siswa jenjang MA.

“Alhamdulillah, tahun ini untuk pertama kalinya, PIP Madrasah secara nominal mengalami kenaikan untuk jenjang Madrasah Aliyah, yang semula hanya 1 juta per siswa saat ini menjadi 1,8 juta per siswa. Kami sangat memahami bahwa meskipun anggaran ini besar, namun belum mampu untuk menjangkau seluruh peserta didik yang telah memenuhi kriteria penerima PIP,” terangnya.

Adapun mengenai proses penyaluran, Kanwil Kemenag Provinsi, Kankemenag Kabupaten/Kota, dan satuan pendidikan Madrasah diminta untuk berkoordinasi dengan pihak bank penyalur.***

Editor: Egia Astuti Mardani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x