Ini Dia 4 Bansos yang Cair Februari-Maret 2024, Berikut Besaran dan Cara Daftarnya!

- 19 Februari 2024, 16:33 WIB
Ini Dia 4 Bansos yang Cair Februari-Maret 2024, Berikut Besaran dan Cara Daftarnya!
Ini Dia 4 Bansos yang Cair Februari-Maret 2024, Berikut Besaran dan Cara Daftarnya! /Pexels.com/@ahsanjaya/

BERITASOLORAYA.com – Bantuan Sosial (Bansos) yang disalurkan oleh pemerintah bertujuan untuk menyalurkan sejumlah bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak atau mengalami kesulitan.

Bansos ini diberikan kepada keluarga miskin atau rentan yang sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Pada Februari-Maret 2024 terdapat empat bansos yang sudah dicairkan.

Dengan adanya bansos yang diterima oleh masyarakat, diusahakan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah-wilayah tertentu dan mengurangi kekurangan yang ada. Adapun, besaran yang didapat nantinya akan digunakan dengan sebaik mungkin.

Baca Juga: Selamat, Siswa Dapat Bansos PIP! Simak Cara Cek Nama Penerima dan Jadwal Penyalurannya di Sini

Pada bulan Februari-Maret 2024, terdapat empat bansos yang akan cair diantaranya adalah Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Langsung Tunai (BLT), Mitigasi Risiko Pangan, dan Bantuan Pangan yaitu beras 10 kg.

Dikutip BeritaSoloRaya dari berbagai sumber pada 19 Februari 2024, hal ini dijelaskan dengan adanya penjelasan mengenai masing-masing bansos tersebut.

PKH

PKH merupakan bantuan sosial bersyarat yang diberikan kepada keluarga miskin dan rentan dengan komponen pendidikan, kesehatan, dan perlindungan sosial.

Adapun informasi yang diberikan, PKH tahap 1 alokasi Januari-Maret 2024 dan akan dicairkan pada Februari 2024 sebesar Rp550.000-Rp2.800.000 per keluarga. Perlu diperhatikan bahwa hal ini bergantung pada jumlah anggota dan komponen yang diterima.

Selain itu, cara pendaftaran PKH adalah melalui verifikasi dan validasi data oleh Dinas Sosial setempat atau melalui aplikasi PKH Mobile yang dapat diunduh di Play Store atau App Store.

Halaman:

Editor: Windy Anggraina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah