Bansos TERBARU, BLT Rp600 Ribu Siap Cair! Cek Selengkapnya di Sini

- 19 Februari 2024, 15:11 WIB
Ilustrasi, Bansos BLT Mitigasi Rp600 ribu dikabarkan akan segera cair. Program ini diberikan untuk meringankan beban masyarakat.
Ilustrasi, Bansos BLT Mitigasi Rp600 ribu dikabarkan akan segera cair. Program ini diberikan untuk meringankan beban masyarakat. /Indonesia.go.id

BERITASOLORAYA.com - Bantuan Sosial (bansos) menjadi salah satu upaya pemerintah untuk meringankan beban masyarakat Indonesia yang terdampak kondisi ekonomi yang sulit.

Salah satu program Bansos yang kini menjadi perbincangan adalah Bantuan Langsung Tunai atau BLT Mitigasi Risiko Pangan dengan nominal sebesar Rp600 ribu.

BLT Mitigasi Risiko Pangan adalah program bansos yang diberikan oleh pemerintah pada tahun 2024. Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi dengan memberikan bantuan secara langsung.

Bantuan diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam bentuk uang tunai sebesar Rp600 ribu untuk tiga bulan yang dibayarkan sekaligus.

Bansos diberikan kepada setiap KPM selama tiga bulan. BLT Mitigasi Risiko Pangan memiliki peran penting dalam meringankan beban ekonomi masyarakat yang terdampak oleh situasi sulit seperti saat ini. Pemerintah mengalokasikan anggaran yang cukup besar untuk memastikan bantuan ini dapat tersalur dengan baik kepada yang berhak menerimanya.

Baca Juga: Siap Cair Rp600 Ribu! Ini Cara Cek Penerima BLT Mitigasi Risiko Pangan

Siapa Saja yang Berhak Mendapatkan BLT Mitigasi Bencana?

Untuk bisa mendapatkan Bansos berupa BLT Rp600 ribu, Masyarakat harus memenuhi beberapa kriteria. Diantaranya adalah sebagai berikut

  1.     Masyarakat dengan kondisi ekonomi kurang mampu.
  2.     Masyarakat yang cenderung rentan terhadap kemiskinan.
  3.     Masyarakat yang terkena dampak ekonomi akibat peristiwa El Nino
  4.     Bukan berasal dari Aparatur Sipil Negara, seperti PNS, PPPK, TNI, maupun Polri.
  5.     Terdaftar sebagai penerima Bansos, baik itu bansos berupa Program Keluarga Harapan (PKH), maupun Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT).

Baca Juga: Segera Cek Penerima Bansos BLT Mitigasi Risiko Pangan 2024, Ini Linknya

Langkah-langkah untuk Memeriksa Kelayakan Penerimaan BLT

Untuk memeriksa kelayakan sebagai penerima BLT Mitigasi Risiko Pangan, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut

Halaman:

Editor: Egia Astuti Mardani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah