Bansos Terus Dikucurkan Pemerintah, Cara Mudah Mengetahui Penerima Manfaat, Cek di Sini

- 19 Februari 2024, 15:01 WIB
Ilustrasi bansos dari pemerintah
Ilustrasi bansos dari pemerintah /Pixabay/stevepb

BERITASOLORAYA.com – Pemerintah terus menyalurkan bantuan sosial atau bansos sepanjang tahun 2024 ini. Sejumlah bansos yang disalurkan pemerintah di antaranya Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), hingga Bansos Sembako.

Pemerintah juga memastikan penyaluran bansos masih akan berlangsung hingga akhir 2024 ini. Adapun jenis bansos yang disalurkan bervariasi bergantung pada kondisi dan situasi yang dihadapi masyarakat.

Penyaluran bansos dilakukan lewat sejumlah Bank BUMN dan Kantor Pos untuk Bansos PKH.

Sementara untuk bansos BPNT dan bansos sembako kerap disalurkan dari Kantor Pos maupun dari Gudang Bulog di daerah kepada masyarakat dengan status keluarga penerima manfaat atau KPM.

Baca Juga:

Dengan penyaluran bansos, pemerintah berharap dapat membantu masyarakat, khususnya dalam menghadapi kenaikan harga bahan pokok hingga potensi gagal panen dari kondisi iklim El Nino.

Penyaluran bansos juga dilakukan serentak secara nasional. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apakah masyarakat terdaftar ke dalam kategori keluarga penerima manfaat atau KPM.

Nominal bansos pun bervariasi tergantung program yang dijalankan pemerintah kepada KPM.

Dalam hal Program Keluarga Harapan atau PKH, nominal yang diberikan dapat dibedakan menjadi dua kategori penerima, yakni kategori bantuan tetap dan bantuan komponen.

Halaman:

Editor: Dian R.T.L. Syam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x