Cara Seru Belajar Filsafat Dengan Filokomik

- 24 November 2021, 13:30 WIB
Tips Belajar Bahasa Inggris /Pixabay/monzon
Tips Belajar Bahasa Inggris /Pixabay/monzon /
 
 
BERITASOLORAYA.com - Judul: Cara Seru Belajar Filsafat Dengan Filokomik
Judul: Filokomik
Penulis: Frederic Lenoir
Penerbit: KPG
Tahun Terbit: 2020
Jumlah Halaman: 186
 
Frederic Lenoir ialah pengarang buku yang berjudul ‘Filokomik’. Buku ini berbicara tentang filsafat yang kerap kali dianggap sebagai bahasa yang berat dan membuat sakit kepala. 
 
Namun di buku ini penjelasan yang berkaitan dengan filsafat akan dibahas dengan menarik, disertai dengan ilustrasi komik yang akan membuat pembaca menjadi punya gambaran tentang filsafat
 
Di dalam buku ini terdapat bab yang berjudul Plato, Epikourus. Mula-mula penulis menjelaskan apa itu filsafat? Yakni ingin tahu segala sesuatu, takjub dengan sekitar dan apapun yang terjadi pada kita, dan intinya berpikir mandiri dan mengasah semangat kritis dengan sering bertanya. 
 
 
Lebih lanjut mengenai Plato yang disampaikan dalam buku ini yakni seorang filsuf yang sangat memfigurkan seorang guru besar yakni Socrates. 
 
Buah pikir dari Plato yang paling terkenal ini ialah kenalilah dirimu sendiri, dan kamu akan bahagia dan menurut pembaca pemikiran dari Plato tidak jauh berbeda dengan Socrates. 
 
Pada bagian lain Plato banyak menceritakan tentang Socrates dan cara berfilsafat yakni dimulai dari rasa takjub filosofis, dan yang kedua pengetahuan, karena pengetahuan membuat manusia mampu membedakan baik dan buruk. 
 
Sementara itu penulis juga menyampaikan tentang epikourus yakni setiap orang memiliki definisi dan standar pemenuhan kenikmatan yang berbeda-beda.
 
 
Penulis menyampaikan dalam bukunya tentang epikourus yakni untuk memenuhi kenikmatan alamiah dan mutlak (untuk hidup) dalam pemenuhanya juga tidak boleh terlalu berlebihan.
 
Buku ini dikemas seperti komik dan tidak jarang dari pembahasannya membuat pembaca menjadi terhibur karena pembawaan dari penulis yang menarik.
 
Menurut penulis dalam bukunya mengatakan bahwa buku ini merupakan belajar dengan tertawa dan refleksi dengan gembira. 
 
Melalui buku ini, pembaca dapat mengetahui pemikiran-pemikiran para filsafat mengenai apa itu bahagia yang bisa kita terapkan dalam kehidupan kita. 
 
Filsafat mengajarkan pembaca mencari makna hidup tanpa henti sehingga membuat pembaca semakin mengenal diri lebih baik dan menjadi bijaksana.
 
 
Kelebihan: 
Bahasanya mudah dipahami
Desain cover menarik
Terdapat ilustrasi yang menarik
 
Kekurangan: - ***
Sumber: Buku yang berjudul filokomik

Editor: Inung R Sulistyo


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x