KIP KULIAH KEMENAG! Ternyata Terdapat Program Selain KIP-K Kemdikbud, Simak Informasi Selengkapnya

- 7 Februari 2024, 17:08 WIB
KIP Kuliah dari Kemdikbud dan Kemenag bagi calon mahasiswa
KIP Kuliah dari Kemdikbud dan Kemenag bagi calon mahasiswa /dok. KIP Kuliah Kemdikbud

BERITASOLORAYA.com – Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan askes pendidikan tinggi bagi masyarakat. Salah satu langkah nyata dalam upaya ini adalah penyaluran bantuan program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah bagi mahasiswa.

Sebagian besar masyarakat Indonesia kemungkinan telah mengenal KIP Kuliah Kemdikbud yang salah satu tujuannya untuk membantu pendidikan bagi mahasiswa di perguruan tinggi.

Ternyata, terdapat pula program KIP Kuliah di bawah naungan Kementerian yang berbeda yaitu Kementerian Agama. Walaupun demikian, keduanya tetap berupaya untuk meningkatkan taraf pendidikan bagi pelajar dan mahasiswa di Indonesia.

Dikutip dari laman KIP Kuliah Kemdikbud pada Rabu, 7 Februari 2024 dituliskan informasi penting yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang berniat dan memiliki rencana untuk melanjutkan studi jenjang pendidikan tinggi ke institusi perguruan tinggi Keagamaan Negeri.

Baca Juga: TERNYATA Layanan Klaim Online Melalui PT Taspen Lebih Mempermudah Pensiunan? Simak Info Lengkapnya

Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri yang dimaksud di antaranya Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) Hindu, Buddha, Kristen, Katolik, dan Konghucu.

Selain itu, termasuk juga di dalamnya Perguruan Tinggi Keagamaan Swasta. Calon mahasiswa disarankan untuk melakukan pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) melalui website Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).

Calon mahasiswa yang mendaftar studi di institusi perguruan tinggi, misalnya UIN, tidak diperkenankan mendaftar program KIP Kuliah melalui Kemendikbusristek serta mengikuti pelaksanaan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UNBK-SNBT).

Dalam hal ini, pilihan institusi perguruan tinggi UIN tidak tersedia di Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

Halaman:

Editor: Dian R.T.L. Syam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah