IMF Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh 3,3 Persen, Kuat Hadapi Guncangan

- 28 Januari 2022, 15:26 WIB
heng Hoon Lim, Assistant Director Western Hemisphere Department IMF
heng Hoon Lim, Assistant Director Western Hemisphere Department IMF /ANTARA

BERITASOLORAYA.com - IMF menyatakan bahwa ekonomi Indonesia diprediksikan akan tumbuh sebesar 3,3 persen pada tahun 2021.

Berdasarkan data IMF, pertumbuhan ini mengalami sedikit peningkatan dibandingkan dengan periode oktober, yakni sebesar 3,2 persen.

"Indonesia terus merespons dengan langkah-langkah kebijakan yang komprehensif dan terkoordinasi dengan baik untuk melindungi kehidupan dan mata pencaharian dari dampak pandemi COVID-19," kata Cheng Hoon Lim, Assistant Director Western Hemisphere Department IMF.

Baca Juga: Mengejutkan, Ini Pesan Sakti Kaesang Kepada Persis Solo di Final Liga 2 Melawan RANS Cilegon

Hoon Lim berpendapat bahwa langkah-langkah kebijakan Indonesia yang komprehensif dan terkoordinasi dengan baik telah berhasil membuat stabilitas ekonomi Indonesia terjaga.

Hal ini membuat inflasi rendah dan perekonomian domestik pulih dengan cepat.

Disisi lain, faktor posisi eksternal Indonesia yang kuat, juga kondisi harga komoditas global yang menguntungkan turut menjadi faktor pertumbuhan ekonomi ini.

Baca Juga: Persis Solo Juara Liga 2, Jacksen F Tiago: Saya Merinding Melihat Perjuangannya

Kondisi utang publik yang relatif rendah dan cadangan yang cukup, juga menempatkan Indonesia pada posisi yang baik untuk memulihkan pilar utama kerangka kebijakan ekonomi makro pra-pandemi.

Halaman:

Editor: Maulida Cindy Magdalena

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x