KJP Plus dan KJMU Cair Akhir Mei 2023? Simak Dulu Penjelasan P4OP Dinas Pendidikan DKI Jakarta

- 22 Mei 2023, 08:00 WIB
Beredar kabar KJP Plus dan KJMU akan dicairkan pada akhir Mei 2023. Simak penjelasan P4OP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.
Beredar kabar KJP Plus dan KJMU akan dicairkan pada akhir Mei 2023. Simak penjelasan P4OP Dinas Pendidikan DKI Jakarta. /tangkapan layar YouTube/KEMDIKBUD RI


BERITASOLORAYA.com – Beredar kabar KJP Plus dan KJMU akan dicairkan pada akhir Mei 2023. Benarkah Kartu Jakarta Pintar atau KJP Plus dan Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul atau KJMU cair akhir Mei 2023?

KJP Plus atau Kartu Jakarta Pintar Plus merupakan kartu sarana pemberian bantuan sosial biaya pendidikan yang diberikan kepada peserta didik yang memenuhi syarat di Provinsi DKI Jakarta.

Adapun KJMU merupakan program strategis pemerintah DKI Jakarta berupa pemberian bantuan bagi mahasiswa dari keluarga tidak mampu yang memenuhi kriteria serta menempuh pendidikan jenjang D3, D4, dan S1.

Baca Juga: Disdik DKI Jakarta Pastikan KJP Plus dan KJMU Mei 2023 Cair Sebentar Lagi, Cek Nominalnya Disini!

Dilansir BeritaSoloRaya.com dari laman Antara, pemerintah Provinsi DKI Jakarta dikabarkan tengah menguji kelayakan siswa atau mahasiswa calon penerima KJP Plus dan KJMU.

Uji kelayakan bagi siswa maupun mahasiswa calon penerima KJP Plus dan KJMU ini akan selesai pada tanggal 24 Mei 2023.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Pelayanan Pendanaan Personal dan Operasional Pendidikan (P4OP) Dinas Pendidikan DKI Jakarta Waluyo Hadi.

“Siswa atau mahasiswa calon penerima KJP Plus and KJMU tahap 1 tahun 2023 saat ini masih dalam proses uji kelayakan menerima bantuan sosial dan ditargetkan (proses ini) selesai tanggal 24 Mei 2023,” terang Kepala P4OP Dinas Pendidikan DKI Jakarta pada Rabu, 17 Mei 2023 lalu.

Waluyo Hadi menambahkan bahwa proses uji kelayakan ini dilakukan untuk memastikan manfaat bantuan sosial pendidikan Pemprov DKI Jakarta berupa KJP Plus dan KJMU ini diterima oleh pihak yang berhak.

Terkait tanggal pencairan KJP di bulan Mei 2023, banyak netizen bertanya-tanya lantaran pada dua bulan sebelumnya pencairan KJP Plus sudah dilakukan sebelum tanggal 10.

Merespons pertanyaan ini, pihak P4OP Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengatakan bahwa data calon penerima KJP Plus dan KJMU tahap 1 tahun 2023 saat ini masih dianalisis untuk memastikan bantuan sosial diterima oleh penerima yang tepat.

Selamat sore, sedang dilakukan analisis calon penerima KJP Plus dan KJMU Tahap 1 Tahun 2023, untuk memastikan ketepatan penerima bantuan sosial biaya pendidikan,” tulis akun Instagram P4OP Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Lebih lanjut, Waluyo Hadi menyampaikan bahwa KJP Plus dan KJMU ditargetkan cair pada akhir Mei 2023.

“Target pencairan KJP Plus dan KJMU pada akhir Mei 2023,” katanya.

Baca Juga: Jangan Galau, KJP Plus Tahap 1 Mei 2023 Pasti Cair Minggu Depan, Cek Penjelasan Disdik DKI Jakarta

Pada awal Maret lalu, Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyampaikan total siswa penerima KJP Plus adalah sebanyak 803.121 siswa dari sekolah negeri dan swasta.

Para penerima KJP Plus mendapatkan dana sebesar Rp250 ribu untuk siswa SD/MI, Rp300 ribu untuk siswa SMP/MTs, dan Rp420 ribu untuk siswa SMA/MA, Rp450 ribu untuk siswa SMK, dan Rp300 ribu untuk PKBM.***


 

Editor: Egia Astuti Mardani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x