Bansos PKH dan Jenis-Jenis Bantuan yang akan Diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat

- 23 Desember 2023, 07:50 WIB
Ilustrasi bansos PKH
Ilustrasi bansos PKH /Instagram @kapanewonpiyungan/

BERITASOLORAYA.com – Pencairan Bansos PKH 2023 telah memasuki tahap akhir di bulan Desember ini. Sasaran PKH adalah keluarga atau seseorang yang miskin dan rentan, serta terdaftar dalam data terpadu program penanganan fakir miskin.

Bansos PKH adalah bantuan sosial yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat yang tergabung dalam Program Keluarga Harapan. Bansos PKH adalah bantuan sosial bersyarat yang diterimakan kepada keluarga yang tidak mampu secara ekonomi.

Program ini membuka akses untuk keluarga miskin terutama ibu hamil, anak, dan lanjut usia agar memanfaatkan fasilitas layanan kesehatan, fasilitas layanan pendidikan, dan fasilitas kesejahteraan sosial.

Baca Juga: SELAMAT, Inilah Daftar Nama Peserta Lulus Seleksi PPPK Guru 2023 Provinsi Jateng, Sudah Dapat Penempatan…

Sebagaimana yang dikutip BeritaSoloRaya.com dari berbagai sumber pada 23 Desember 2023, Bansos PKH diberikan kepada keluarga atau orang miskin yang terdaftar dalam program penanganan fakir miskin yang diolah oleh Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial.

Bagi keluarga atau orang yang termasuk ke dalam kriteria fakir miskin, maka akan ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

PKH Akses adalah program pemberian bantuan sosial PKH di wilayah yang sulit dijangkau secara geografis, ketersediaan infrastruktur, maupun sumber daya manusia dengan pengkondisian khusus.

Diketahui bahwa keluarga penerima manfaat PKH mempunyai hak untuk mendapatkan bantuan sosial tersebut. Bansos PKH ini dapat diberikan berupa uang, barang, dan jasa kepada keluarga atau orang miskin, tidak mampu, serta rentan terhadap risiko sosial.

Baca Juga: LINK Pengumuman PPPK Guru 2023 Provinsi Jawa Tengah dan Daftar Nama Peserta Lulus Seleksi

Halaman:

Editor: Anbari Ghaliya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x