BLT El Nino Bakal Lanjut Hingga Maret 2024, Cek Segera Jadwal Pencairannya di PT Pos atau Bank Himbara

- 3 Januari 2024, 20:11 WIB
BLT El Nino Bakal Lanjut Hingga Maret 2024, Cek Segera Jadwal Pencairannya di PT Pos atau Bank Himbara
BLT El Nino Bakal Lanjut Hingga Maret 2024, Cek Segera Jadwal Pencairannya di PT Pos atau Bank Himbara /pexels.com/@ahsanjaya/

BERITASOLORAYA.com – Kabar gembira untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sebelumnya mendapat Bantuan Langsung Tunai atau BLT El-Nino pada 2023. Pemerintah berencana melanjutkan bantuan sosial itu hingga Maret 2024.

Dilansir BeritaSoloRaya.com dari berbagai sumber, Rabu 3 Januari 2024, Menteri Koordinator Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, menyatakan BLT El-Nino akan diperpanjang hingga 3 bulan yaitu Januari, Februari dan Maret 2024.

Menurut Airlangga, perpanjangan BLT El-Nino tersebut sebagai upaya dari pemerintah untuk membantu masyarakat miskin dan rentan miskin yang terdampak fenomena El-Nino.

Baca Juga: Peluang Hebat Awal Tahun Baru 2024: Program Dana Padanan dari Kemdikbud Capai 750 Miliar, Cek Infonya

“Perubahan iklim akibat El-Nino yang mengakibatkan kemarau panjang, sangat berdampak pada sektor pertanian sehingga produksi pangan menurun. Hal itu juga mengakibatkan turunnya kehidupan ekonomi masyarakat,” katanya saat memberikan keterangan pers.

Dari hal itulah, pemerintah berkomitmen untuk melanjutkan program BLT El-Nino dalam 3 bulan di awal 2024 karena dampak El-Nino diprediksi terjadi hingga Maret 2024.

Beberapa waktu lalu saat berkunjung di beberapa daerah di Indonesia, Airlangga juga berbincang secara langsung dengan KPM terkait manfaat dan sistem penyalurannya.

Ia pun menjelaskan dari hasil perbincangan dengan para penerima bantuan sosial El-Nino, KPM mengungkapkan sangat membutuhkan bantuan itu. “Mereka senang bantuan itu bisa menutup kebutuhan sehari-hari,” jelasnya.

Hasil evaluasi dan usulan dari masyarakat terkait BLT El-Nino itu, lanjut Airlangga, kemudian dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo untuk tindak lanjut pada 2024.
Seperti diketahui, bantuan sosial BLT El-Nino terdiri dari bantuan beras 10 kilogram dan uang tunai Rp200.000 per bulan untuk 1 KPM.

Total anggaran yang dialokasikan pemerintah untuk perpanjangan program tersebut mencapai Rp7,5 triliun.

Halaman:

Editor: Windy Anggraina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x