Tanggapan Presiden Jokowi Terkait Rp539 Trilun Dana Desa, Harus Dikelola Lebih Baik

- 4 Januari 2024, 19:26 WIB
Tanggapan Presiden Jokowi Terkait 539 Trilun Rupiah Dana Desa: Harus Dikelola Lebih Baik
Tanggapan Presiden Jokowi Terkait 539 Trilun Rupiah Dana Desa: Harus Dikelola Lebih Baik /Setkab.go.id/

BERITASOLORAYA.com – Pembangunan merata dan perbaikan kesejahteraan di seluruh pelosok negeri harus senantiasa dipastikan dengan baik. Pemerintah dalam hal ini telah menunjukkan komitmennya melalui pemberian dana desa.

Dana desa merupakan bantuan yang secara resmi diberikan oleh pemerintah. Bantuan dana desa ini merupakan refleksi dari tekad pemerintah untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah pedesaan.

Dana desa tidak hanya dimaknai sebagai bantuan dana biasa. Namun, dapat dimaknai dari sisi berbeda bahwa dana desa merupakan instrumen pemberdayaan ekonomi lokal.

Baca Juga: Jangan Ketinggalan, Pendaftaran Akun Prakerja Kembali dibuka Pada Awal Tahun Baru 2024

Penggunaan dana desa dapat digunakan untuk memajukan desa dan mengurangi disparitas atau kesenjangan. Beragam program dapat dilakukan menggunakan dana tersebut.

Hal ini dimaksudkan agar masyarakat desa yang pada umumnya sedikit memiliki keterbatasan dalam beragam aspek dibandingkan masyarakat yang hidup di perkotaan.

Saat ini masyarakat desa dapat memiliki akses lebih besar terhadap sumber daya dan peluang untuk mengembangkan usaha termasuk sektor ekonomi dengan memanfaatkan dana desa.

Artikel ini akan membahas mengenai dana desa. Hal ini berkaitan pula tanggapan Presiden Joko Widodo mengenai dana pembangunan desa. Tanggapan ini disampaikan secara langsung pada agenda pertemuan Presiden Joko Widodo dengan kepala desa se-Kabupaten Banjarnegara pada 3 Januari 2024.

Dikutip BeritaSoloRaya.com melalui website resmi setkab.go.id pada tanggal 4 Januari 2024 menuliskan bahwa penyaluran dana desa hingga saat ini yang sudah dikeluarkan pemerintah sebesar Rp539 triliun. Nominal ini bukanlah besaran kecil, dana tersebut telah tersalurkan untuk membangun desa-desa di seluruh Tanah Air.

Pada kesempatan yang sama Presiden Joko Widodo juga mengungkapkan pendapatnya bahwa untuk kemajuan desa, maka kepala desa harus berpikir untuk memajukan perekonomian lokal. Salah satunya ialah dengan memaksimalkan perputaran uang di wilayah tersebut.

Halaman:

Editor: Windy Anggraina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x