SOLUSI LUPA EFIN Untuk Pelaporan SPT Tahunan Pajak, Jangan Panik Simak Informasinya

- 9 Februari 2024, 19:10 WIB
Ilustrasi. Beberapa alternatif solusi yang diberikan oleh Ditjen Pajak RI, untuk mengatasi keluhan masyarakat terkait kendala Lupa EFIN.
Ilustrasi. Beberapa alternatif solusi yang diberikan oleh Ditjen Pajak RI, untuk mengatasi keluhan masyarakat terkait kendala Lupa EFIN. /Pixabay/Tanja-Denise Schantz

BERITASOLORAYA.com – Pelaporan pajak merupakan aspek penting yang harus dilakukan sebagai WNI yang baik. Salah satu aspek penting dalam pengurusan pajak adalah Electronic Filing Identification Number (EFIN).

EFIN merupakan nomor identifikasi yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada WNI yang terlibat dalam pengajuan pajak secara elektronik.

Walaupun EFIN merupakan kode unik yang sangat penting dalam pelaporan pajak. Tanpa EFIN, masyarakat tidak bisa melakukan pelaporan SPT Tahunan. Namun, ternyata tak jarang ditemui banyak masyarakat yang melupakan kode EFIN pajaknya. 

Menindaklanjuti banyaknya keluhan masyarakat yang melupakan kode EFIN pajaknya, Ditjen Pajak Republik Indonesia memberikan beberapa alternatif solusi untuk memperoleh kode EFIN mereka kembali.

Dikutip BeritaSoloRaya.com melalui akun X resmi @DitjenPajakRI pada tanggal 9 Februari 2024 dituliskan, “Jangan pusing kalau lupa EFIN #KawanPajak Orang Pribadi, langsung saja mengirimkan email ke [email protected] dan EFIN segera terkirim ke email #KawanPajak”.

Baca Juga: 7 Universitas Terbaik di Brunei Darussalam, Tertarik Kuliah di NEGARA Bebas Pajak?

Wajib pajak orang pribadi yang menemui kendala yaitu melupakan kode EFIN, maka dapat mengirimkan permohonan lupa EFIN ke email: [email protected].

Hal yang harus diperhatikan ketika mengirimkan permohonan lupa EFIN ialah perlu untuk menggunakan alamat email wajib pajak orang pribadi yang terdaftar dengan melampirkan subjek email yaitu “LUPA EFIN”.

Kemudian, terdapat beberapa komponen lainnya yang wajib dicantumkan ketika mengirimkan laporan permohonan lupa EFIN melalui kanal email, diantaranya:

Halaman:

Editor: Egia Astuti Mardani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x