Pencairan Bansos BPNT 2024 Sudah Mulai Cair, Berikut Cara Cek Penerima dan Besaran Bantuan Sosial

- 17 Februari 2024, 12:11 WIB
Ilustrasi pencairan bansos BPNT 2024 dengan nominal yang telah ditentukan
Ilustrasi pencairan bansos BPNT 2024 dengan nominal yang telah ditentukan /Freepik/jcomp

BERITASOLORAYA.com – Pemerintah Indonesia sudah mengumumkan bahwa pencairan Bantuan Sosial (bansos) dalam bentuk Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) atau bansos sembako telah dimulai sejak Februari 2024.

Bansos BPNT 2024 bertujuan untuk membantu masyarakat miskin dalam hak memenuhi kebutuhan pangan.

Pemerintah menyalurkan bantuan sosial sebesar Rp200.000 per bulan selama setahun bagi setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari program bansos BPNT 2024.

Oleh karena itu, nominal yang diterima KPM dari bansos BPNT 2024 mencapai Rp2,4 juta per keluarga yang menerima bantuan tersebut.

Baca Juga: Salurkan BOSP Tercepat Sepanjang Sejarah, Akselerasi Kemdikbud: Strategi Menuju Pendidikan Unggul

Nominal yang diterima tersebut digunakan oleh KPM untuk membeli sembako di e-warung ataupun agen yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Untuk mengetahui bahwa Anda adalah penerima BNPT 2024 atau bukan, Anda dapat melakukan pengecekan secara online melalui situs resmi Cek Bansos di cekbansos.kemensos.go.id.

Anda hanya perlu mencantumkan informasi sesuai dengan KTP, seperti nama lengkap beserta alamat dan kode captcha yang akan ditampilkan di situs tersebut. Setelah itu, Anda akan melihat status kelayakan Anda dalam program ini.

Adapun persyaratan utama untuk menjadi penerima BPNT, yaitu harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikelola oleh Kementerian Sosial.

Halaman:

Editor: Dian R.T.L. Syam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x