Salurkan BOSP Tercepat Sepanjang Sejarah, Akselerasi Kemdikbud: Strategi Menuju Pendidikan Unggul

- 17 Februari 2024, 11:48 WIB
Kemdikbud menyalurkan dana BOSP Tahap 1 tahun 2024 dengan cepat
Kemdikbud menyalurkan dana BOSP Tahap 1 tahun 2024 dengan cepat /dok. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

BERITASOLORAYA.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) berhasil menyalurkan Bantuan Operasional Sekolah (BOSP) Tahap I 2024 dengan kecepatan tercepat sepanjang sejarah.

Implementasi Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) menjadi faktor utama yang membantu dalam percepatan penyaluran dana BOSP.

Para guru dan kepala sekolah memberikan reaksi positif terkait penyaluran dana yang lebih cepat ini. Mereka dapat memanfaatkan ARKAS untuk mendapatkan dana BOSP lebih efisien dan tepat waktu.

Dikutip BeritaSoloRaya.com dari laman Kemdikbud Ristek, sebanyak 216.793 atau 99,4 persen satuan pendidikan saat ini telah terintegrasi dengan SIPLah (Sistem Informasi Pengadaan Sekolah) serta Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

Baca Juga: SIMAK, Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendidikan Ternyata Beda lho. Berikut Informasi Lengkapnya

Capaian penyaluran dana BOSP sebesar 402.831 (96%) dari total 419.218 satuan pendidikan pada bulan Januari dilaksanakan untuk mendukung satuan pendidikan dalam menyelenggarakan dan mewujudkan pendidikan Indonesia yang unggul dan hebat.

Penyaluran dana BOSP yang lebih cepat memiliki manfaat dan dampak yang signifikan dalam pendidikan. Salah satu manfaatnya adalah peningkatan akuntabilitas dalam penyaluran dana BOSP.

Dengan proses penyaluran yang lebih cepat, transparansi penggunaan dana menjadi lebih baik dan akuntabilitas terhadap penggunaan dana dapat dengan mudah dilacak.

Baca Juga: 6 Periode dalam 1 Tahun? Simak Informasi Periodisasi Kenaikan Pangkat PNS Tahun 2024

Halaman:

Editor: Dian R.T.L. Syam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah