Bansos BPNT 2024 Cair! Nominal Mencapai Rp2,4 Jutaan Setahun, Ini Daerah Penerimanya!

- 5 Februari 2024, 13:08 WIB
Ilustrasi bansos BPNT 2024 pada pencairan bulan Februari 2024
Ilustrasi bansos BPNT 2024 pada pencairan bulan Februari 2024 /Unsplash/Mufid Majnun

BERITASOLORAYA.com - Bantuan sosial atau bansos telah dipastikan akan tetap disalurkan pada tahun 2024 ini. Bansos yang disalurkan termasuk salah satunya bansos BPNT.

Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT atau bansos sembako adalah program bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada keluarga tidak mampu.

Program BPNT 2024 ini memiliki tujuan untuk membantu meringankan beban ekonomi keluarga yang terdampak pandemi Covid-19. Bantuan ini berupa uang tunai yang dapat ditukarkan dengan bahan pangan di e-warong.

Untuk tahun 2024, penyaluran BPNT akan dilakukan dalam empat tahap yang terdiri dari bulan Januari, April, Juli, dan Oktober. Pada setiap tahap pembayaran bansos, penerima BPNT 2024 akan mendapatkan bantuan sebesar Rp600.000 dengan rincian Rp200.000 per bulan yang langsung dibayarkan untuk tiga bulan.

Baca Juga: ALHAMDULILAH! KUR Mandiri 2024 Pinjaman Rp100 Juta Resmi Dibuka, Cek Syarat Pengajuan dan Tabel Angsuran KUR

Oleh karena itu, dalam setahun, total bantuan dari BPNT yang diterima adalah sebesar Rp2.400.000. Meskipun begitu, ada keterlambatan dalam penyaluran bantuan ini.

Hal ini disebabkan adanya proses verifikasi data penerima yang dilakukan oleh Kemensos atau Kementrian Sosial dan Bank Himbara yang terdiri dari: BRI, BNI, Mandiri, dan BTN sebagai penyalur BPNT.

Asep Sasa Purnama selaku Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kemensos, sebagaimana dikutip BeritaSoloRaya.com dari laman Pemerintah Kotamobagu Desa Bungko, mengatakan bahwa penyaluran BPNT tahap pertama akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan kesiapan data penerima di masing-masing wilayah.

Baca Juga: DIBUKA! KUR Mandiri 2024 Pinjaman Rp100 Juta Tanpa Jaminan, Cicilan Mulai Rp1 Jutaan, Pelaku UMKM Merapat

Halaman:

Editor: Dian R.T.L. Syam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x