Harga Sembako Meroket: Bansos Jadi Penyebabnya?

- 20 Februari 2024, 08:39 WIB
Harga sembako saat ini melonjak dan pemberian bansos diduga sebagai penyebabnya
Harga sembako saat ini melonjak dan pemberian bansos diduga sebagai penyebabnya /Pixabay/EmAji

BERITASOLORAYA.com - Saat ini, bantuan sosial atau bansos sedang menjadi sorotan. Hal tersebut karena Presiden Jokowi membagikannya di tengah-tengah masa kampanye Pemilu 2024.

Tidak hanya dalam bentuk uang tunai sebesar Rp600.000, Pemerintah juga membagikan bantuan pangan berupa beras. Tercatat hingga awal Januari, total beras yang telah digelontorkan mencapai 185 ton untuk sekitar 22 juta keluarga penerima manfaat.

Selain karena dikeluarkan pada momen pemilu, kondisi tata kelola pangan di Indonesia yang masih belum stabil ketika ratusan ton beras bansos disalurkan juga disinyalir menimbulkan masalah tersendiri.

Anggota DPR dari fraksi PKS, Hidayatullah, menyebutkan bahwa pemberian bansos yang terkesan ‘jor-joran’ menyebabkan kelangkaan beras dan komoditas pangan lainnya seperti daging ayam.

Baca Juga: JELANG RAMADHAN! Pemkab Bojonegoro Salurkan Bansos, Cek Besaran Nominalnya di Sini

"Peranan komoditas makanan mencapai 74,21 persen, sementara non makanan hanya sebesar 25,75 persen (Maret 2023), pemerintah harus segera mengatasi, apalagi disinyalir jor-joran bansos beras juga merupakan penyebab beras langka,” ujarnya.

Hidayatullah melanjutkan bahwa kelangkaan sembako meningkatkan potensi adanya inflasi karena ketidakseimbangan harga dan ketersediaannya.

"Rakyat mengeluh harga makanan terus melonjak naik, masalah ini terkait tata kelola yang masih semrawut kemudian data pangan yang tidak akurat hingga insentif bagi petani berkurang, terbukti beras produksi Indonesia menjadi yang termahal di antara negara produsen beras,” ujarnya.

Sementara itu, hal yang berbeda disampaikan oleh Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arif Prasetyo Adi yang menyatakan bahwa bansos justru memudahkan masyarakat untuk mendapatkan bahan pangan.

Halaman:

Editor: Dian R.T.L. Syam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah