Bansos 2024: Cara Pendaftaran hingga Cek Kepesertaan Penerima Bantuan Sosial

- 20 Februari 2024, 15:59 WIB
Ilustrasi bansos 2024 dari Pemerintah Indonesia
Ilustrasi bansos 2024 dari Pemerintah Indonesia /Freepik/8photo

BERITASOLORAYA.com – Pemerintah melalui Kementrian Sosial meluncurkan program bantaun soasial atau bansos 2024. Program ini dilaksanakan sebagai perwujudan upaya percepatan pengentasan kemiskinan.

Banson 2024 sebenarnya bukan program yang baru dilaksanakan. Setidaknya, sejak tahun 2007 Pemerintah Indonesia sudah menyalurkan bansos melalui program yang diberi nama PKH (Program Keluarga Harapan).

Misi besar bansos Program Keluarga Harapan sebagaimana dilansir dari situs resmi Kementrian Sosial adalah menurunkan angka kemiskinan. Pemerintah Indonesia bertekad untuk menurunkan angka kemiskinan sampai 7-8% dari 10,86% pada tahun 2016.

Program bansos 2024 dari pemerintah diharapkan memiliki dampak secara sosial dalam menurunkan angka kemiskinan.

Baca Juga: MUDAH DAN CEPAT, Inilah Pengajuan Pinjaman KUR di BTPN, Simak Selengkapnya…

Berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) yang dikutip BeritaSoloRaya.com dari situs resmi BPS, pada Maret 2023 jumlah penduduk miskin turun 0,21% dibandingkan September 2022. Angka total penduduk miskin pada Maret 2023 tinggal 9,36% atau 25,90 juta orang.

Cara Pendaftaran dan Cek Kepesertaan Penerima Bansos

Bansos 2024 melalui Program Keluarga Harapan dapat dimanfaatkan oleh segenap masyarakat Indonesia untuk menerima bantuan sosial dari Pemerintah Indonesia.

Simak tata cara pendaftaran untuk mendapatkan bantuan sosial melalui PKH yang dilansir dari situs Indonesia.go.id sebagai berikut.

• Buka aplikasi Play Store atau App Store untuk mengunduh aplikasi "Cek Bansos".

• Lanjutkan registrasi untuk membuat akun baru. Pastikan pengisian informasi pribadi yang anda berikan valid dan akurat.

• Buka aplikasi, kemudian klik "Daftar Usulan"

Halaman:

Editor: Dian R.T.L. Syam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x