5 Tips Menjaga Kesehatan dari Guru Besar UI agar Peristiwa Kelam Petugas Pemilu 2019 Tak Terulang

- 13 Februari 2024, 15:07 WIB
Ilustrasi Pemilu 2024, KPPS diimbau menjaga kesehatan dengan 5 tips dari Prof. Tjandra Yoga Aditama
Ilustrasi Pemilu 2024, KPPS diimbau menjaga kesehatan dengan 5 tips dari Prof. Tjandra Yoga Aditama /Unsplash/Element5 Digital

BERITASOLORAYA.com – Pemilu 2024 akan segera tiba, salah satu tantangan yang dihadapi Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) adalah kesiapan kondisi kesehatan dan keselamatan kerja dari petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Petugas KPPS merupakan garda terdepan dalam setiap pemilu yang dilakukan dan para petugas harus memperhatikan kondisi kesehatan dalam melakukan tugasnya.

Pada pemilu 2019, terdapat banyak berita mengenai sejumlah petugas KPPS yang mengalami jatuh sakit bahkan meninggal dunia.

Oleh karena itu, Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) yaitu Prof. Tjandra Yoga Aditama menjelaskan beberapa tips yang bertujuan untuk menghindari kelelahan bagi petugas KPPS dalam menjalankan tugas.

Baca Juga: Alokasi Anggaran per TPS Mulai Pemungutan hingga Penghitungan Suara untuk Pemilu 2024, Berikut Rinciannya!

Dikutip BeritaSoloRaya.com dari ANTARA News pada 13 Februari 2024, pakar kesehatan Prof. Tjandra Yoga Aditama meminta petugas pemilu atau KPPS untuk menjaga asupan makanan yang bergizi dan seimbang. Hal ini bertujuan agar petugas pemilu dapat menjalankan tugasnya dengan kondisi bugar.

Selain itu, petugas pemilu yang sedang sibuk mengurus pemungutan suara dan memiliki riwayat penyakit tertentu perlu secara rutin mengonsumsi obat sehingga tugas yang dijalankan bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Tjandra juga mengingatkan petugas pemilu supaya memantau kesehatannya dan apabila perlu membawa alat pengukur tekanan darah ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Terutama bagi pasien hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Berikut ini lima tips menjaga kesehatan bagi petugas pemilu dari Guru Besar FKUI Prof. Tjandra Yoga Aditama.

Halaman:

Editor: Dian R.T.L. Syam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah