Tiga Jenis Talak Perceraian dalam Islam, Lengkap dengan Penjelasan dan Artinya

- 13 November 2023, 20:12 WIB
Ilustrasi jenis talak dalam perceraian.
Ilustrasi jenis talak dalam perceraian. /Freepik/

BERITASOLORAYA.com – Terkadang dalam ilmu pernikahan penting untuk mengenal istilah talak untuk perceraian. Walaupun tidak ada keinginan bercerai, tetapi mempelajari talak merupakan suatu keharusan yang sepatutnya dilaksanakan. Sebab belakangan ini, banyak pasangan yang menikah dengan tidak cukup pengetahuan tentang talak untuk perceraian.

Akibatnya mereka melakukan tindakan yang cukup membingungkan untuk memutuskan suatu hubungan dengan istri.

Pengetahuan dan pendidikan tentang talak untuk perceraian memang tidak ada salahnya untuk dipelajari. Sebab dengan mengetahui istilah talak untuk perceraian, maka seseorang bisa mengenal prosedur pernikahan sesuai dengan tuntunan Islam.

Baca Juga: Memasuki Musim Pancaroba, Ini Dia Tips Siaga Angin Puting Beliung

Seperti yang dikutip BeritaSoloRaya.com dari berbagai sumber pada 13 November 2023, ternyata ada tiga jenis talak untuk perceraian dalam Islam. Adapun penjelasan dan arti selengkapnya ialah sebagai berikut:

Jenis talak pertama: Jika talak jenis ini dikeluarkan, maka pernikahan benar-benar batal dan tidak diperbolehkan untuk hidup bersama lagi.

Jika wanita ingin tinggal dengan pria ini lagi, dan pria menyetujuinya, maka mereka harus menikah lagi. Talak ini disebut dengan istilah talaqul ba’in.

Halaman:

Editor: Anbari Ghaliya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah