Ada Sanksi bagi Pemerintah Daerah Jika Menunda-nunda Pencairan Tunjangan Guru, Simak Berikut Ini!

- 3 Maret 2023, 13:49 WIB
Pemerintah pusat membuat regulasi terkait dengan penyaluran tunjangan guru, dengan tegas melarang menunda-nunda penyaluran tunjangan.
Pemerintah pusat membuat regulasi terkait dengan penyaluran tunjangan guru, dengan tegas melarang menunda-nunda penyaluran tunjangan. /Kemenpan.rb

BERITASOLORAYA.com – Apakah ada regulasi tunjangan profesi guru atau TPG ke daerah untuk segera disalurkan? Tentu saja ada. Pemerintah pusat akan menindak tegas dan memberikan sanksi, bila pemerintah daerah menunda-nunda pencairan tunjangan guru.

TGP, Tunjangan Khusus Guru atau TKG dan Tambahan Penghasilan sudah diatur oleh Kemendikbud terkait penyaluran untuk segera salurkan kepada rekening guru.

Hal tersebut mengacu pada regulasi juknis yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan di Permendikbud Nomor 4 Tahun 2022, terkait dengan TPG, TKG dan Tambahan Penghasilan. Hal tersebut sudah diatur sedemikian rupa terkait dengan penyalurannya.

Baca Juga: Siap Mudik Lebaran 2023, Berikut Imbauan Baru PT KAI. Penumpang Harus Siapkan Surat Ini dari Sekarang

Dilansir BeritaSoloRaya.com dari Permendikbud Nomor 4 Tahun 2022, penetapan tunjangan guru memiliki beberapa tahapan, salah satunya sinkronisasi data yang dilaksanakan pada 28-29 Februari 2023 untuk tunjangan triwulan 1.

TPG triwulan 1 dijadwalkan cair di bulan Maret 2023. Kemendikbud sudah mengatur terkait dengan pencairan TPG, yaitu 3 bulan sekali. Namun, yang perlu diketahui setiap daerah memiliki kebijakannya masing-masing.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 4 2022, sudah ditetapkan bahwa pembayaran TPG dan TKG oleh pemda dibayarkan paling lambat 14 hari kerja setelah diterimanya dana TPG dan Tunjangan Khusus di Rekening Kas Umum Daerah atau RKUD.

Baca Juga: Tenaga Honorer Sumringah, Menpan RB Azwar Anas Sampaikan Kabar Gembira. Tidak Jadi Ada Penghapusan?

Halaman:

Editor: Egia Astuti Mardani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x