Biar Makin Ngerti, Mari Kita Kenali Apa Itu Investasi?

- 11 Maret 2023, 19:44 WIB
Ilustrasi investasi
Ilustrasi investasi /Pixabay/TheInvestorPost/

BERITASOLORAYA.com - Investasi adalah kegiatan menempatkan uang atau sumber daya lainnya pada suatu aset atau proyek dengan tujuan memperoleh keuntungan di masa depan. Investasi dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti saham, obligasi, properti, reksadana, dan lain-lain.

Dalam investasi, terdapat risiko dan potensi keuntungan yang harus dipertimbangkan secara cermat. Investasi dengan potensi keuntungan yang lebih tinggi biasanya juga memiliki risiko yang lebih tinggi pula.

Oleh karena itu, sebelum melakukan investasi sangat penting untuk melakukan riset terlebih dahulu dan memahami karakteristik dari jenis investasi yang dipilih atau biasa disebut dengan profil risiko investasi.

Sebagai investor, Anda harus memiliki strategi investasi yang tepat. Hal ini termasuk menetapkan tujuan investasi jangka pendek dan jangka panjang.

Baca Juga: Cek Nilai Ambang Batas yang Ditetapkan Kemenpan RB, Agar Lulus Seleksi Kompetensi PPPK!

Jangan lupa melakukan diversifikasi portofolio investasi agar risiko dapat diatur secara lebih efektif. Penjelasan lengkap tentang diversifikasi ada di sini.

Selain itu, penting juga untuk memahami jenis risiko yang terkait dengan investasi. Risiko investasi bisa mencakup risiko pasar, risiko kredit, risiko likuiditas, dan risiko operasional. Semua jenis risiko tersebut dapat memengaruhi hasil investasi.

Halaman:

Editor: Syifa Alfi Wahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x