Keuntungan dan Risiko Investasi pada Aset Reksa Dana, Investor Perlu Tahu

- 11 Maret 2023, 17:43 WIB
Keuntungan investasi aset reksa dana adalah keamanan dan kepraktisan. Sedangkan risikonya adalah penurunan nilai unit penyerta.
Keuntungan investasi aset reksa dana adalah keamanan dan kepraktisan. Sedangkan risikonya adalah penurunan nilai unit penyerta. /Pressfoto

BERITASOLORAYA.com – Reksa dana merupakan instrumen investasi dengan mekanisme kerja menghimpun dan menjaga dana nasabah atau investor.

Dana yang terkumpul di dalam satu wadah tersebut kemudian diinvestasikan kembali ke dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Dari laman investor.gov, BeritaSoloRaya.com mengutip bahwa pengelolaan investasi aset pada reksa dana telah diatur dalam UU Pasar Modal No 8 Tahun 1995 pasal 1 ayat 27.

Baca Juga: Subsidi Beli Motor Listrik Akan Dimulai. Simak Kelebihan dan Kekurangannya Sebelum Membeli

Dalam UU Pasar Modal tersebut diatur bahwa dana yang dikumpulkan dari masyarakat atau publik yang bertindak sebagai investor, selanjutnya dikelola oleh manajer investasi.

Reksa dana merupakan instrumen investasi di mana masyarakat bisa menjadi investornya. Aset reksa dana cocok dimiliki oleh masyarakat yang memiliki dana kecil sekaligus tidak ingin terlalu terlibat dalam pengelolaan investasi berisiko besar.

Instrumen investasi berupa aset reksa dana dirancang bagi mereka yang ingin berinvestasi namun hanya memiliki dana dalam jumlah terbatas.

Baca Juga: Penting! Jadwal Selanjutnya dari Seleksi Penerimaan ASN PPPK Guru Tahun 2022

Halaman:

Editor: Egia Astuti Mardani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x