Hasil Survei 1.300 Responden, Segini Gaji Dosen per Bulan, Sesuai Tidak antara Kualifikasi dan Pendapatan?

- 2 Mei 2023, 10:08 WIB
Ilustrasi gaji dosen dan kesejahteraannya di Indonesia.
Ilustrasi gaji dosen dan kesejahteraannya di Indonesia. /Pixabay/Sergii Koviarov

BERITASOLORAYA.com - Dosen Ilmu Manajemen Universitas Indonesia atau UI, Kanti Pertiwi memaparkan rata-rata gaji dosen berdasarkan hasil survei sementara terhadap 1.300 responden. Rata-rata gaji dosen yang diterima berdasarkan isian responden mayoritas berada di angka Rp2 juta hingga Rp5 juta per bulan.

“Rentang gaji yang paling banyak adalah di angka 2-3 juta per bulan, dan ada 4-5 juta per bulan, jadi mayoritas 2-5 juta per bulan,” tutur Kanti Pertiwi memaparkan gaji dosen rata-rata.

Selain itu, dosen juga bisa memperoleh pendapatan tambahan jika memegang jabatan struktural di masing-masing kampus.

Baca Juga: Honorer Dihapus November 2023, Non ASN di Surabaya Tak Akan Dilepas Ikut Pihak Ketiga? Wali Kota Sampaikan...

“Beberapa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi pejabat struktural di kampusnya masing-masing, walaupun itu jadi persoalan tersendiri,” ucap Kanti Pratiwi pada Senin, 1 Mei 2023.

Sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa kualifikasi dosen harus menempuh pendidikan pada tingkat Strata 2 hingga Strata 3.

Untuk mencapai tingkat pendidikan tersebut, tentu menghabiskan biaya pendidikan yang tidak sedikit. Pendapatan dosen ini tentu tidak sebanding dengan kualifikasi dosen yang dipersyaratkan.

Kanti Pratiwi menjelaskan bahwa periode awal menjadi masa-masa kritis seorang dosen dalam merintis karir.

Halaman:

Editor: Anbari Ghaliya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x