TPG Triwulan 2 Tak Juga Cair? Guru Sertifikasi Wajib Cek 4 Kendala Berikut, Mungkin Terjadi pada Anda

- 4 Juli 2023, 11:11 WIB
Ilustrasi. berikut beragam kendala yang mungkin saja membuat TPG triwulan 2 guru sertifikasi tidak kunjung cair
Ilustrasi. berikut beragam kendala yang mungkin saja membuat TPG triwulan 2 guru sertifikasi tidak kunjung cair /Unsplash.com/@husniatisalma

BERITASOLORAYA.com – TPG (tunjangan profesi guru) untuk guru sertifikasi yang ada di bawah naungan Kementerian Pendidikan, akan dicairkan setiap triwulan.

Menurut Permendikbudristek Nomor 4 Tahun 2022, pencairan TPG triwulan 2 yang disebut juga sebagai tunjangan guru sertifikasi dijadwalkan cair setiap bulan Juni.

Pencairan TPG triwulan 2 tahun 2023 akan dilakukan setelah Puslapdik melakukan sinkronisasi data guru sertifikasi di Dapodik melalui aplikasi SIM-Tun. Proses sinkronisasi ini dijadwalkan pada akhir bulan Mei.

Namun hingga awal Juli 2023 ini, belum banyak guru sertifikasi yang menerima TPG triwulan 2. Dalam beberapa kasus, tunjangan sertifikasi guru seringkali terlambat dicairkan.

Baca Juga: JANGAN KELIRU! Inilah Aturan Seragam Sekolah Tahun 2023 dari Kemdikbud, Siswa Baru Harap Pahami

Keterlambatan pencairan TPG bisa terjadi karena berbagai kendala yang menghambat proses tersebut. Berikut ini beberapa kendala yang mungkin membuat TPG triwulan 2 terlambat dicairkan:

1. Serdik Guru Sertifikasi Tidak Terdaftar

TPG hanya diberikan kepada guru yang telah memiliki sertifikat pendidik atau yang sering disebut sebagai guru sertifikasi.

Halaman:

Editor: Syifa Alfi Wahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x