BLT El Nino di Yogyakarta Cair pada 24 Desember 2023, Bagaimana dengan Daerah Lain? Ini Cara Cek Pencairan

- 26 Desember 2023, 20:58 WIB
Penyerahan BLT El-Nino
Penyerahan BLT El-Nino /https://ekon.go.id/

 

BERITASOLORAYA.com – Bantuan Langsung Tunai El-Nino atau BLT El-Nino kembali disalurkan pemerintah di sejumlah wilayah, salah satunya di Yogyakarta.

Penyaluran BLT tersebut diserahkan secara simbolis oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, pada Minggu, 24 Desember 2023. Saat itu, Airlangga juga berbincang dengan para penerima BLT di Kantor Pos Cabang Utama Yogyakarta.

“Bantuan ini kami berikan untuk membantu masyarakat dalam membeli kebutuhan pokok. Sebab, dampak signifikan El-Nino seperti kekeringan, kekurangan air bersih, dan gagal panen membuat harga bahan pangan naik,” kata Airlangga dikutip BeritaSoloRaya.com dari laman ekon.go.id, Selasa 26 Desember 2023.
 
 
Saat itu, Airlangga terjun langsung untuk mengawasi penyaluran BLT agar tepat sasaran. Ia juga menyaring aspirasi masyarakat terkait kemanfaatan dan keberlanjutan program tersebut.

Saat berbincang dengan penerima BLT tersebut, masyarakat juga berharap BLT El-Nino dapat dilanjutkan pada 2024.

“Saya sudah bertanya kepada para penerima BLT di Yogyakarta apakah BLT tepat sasaran atau tidak. Apakah perlu dilanjutkan atau tidak. Ternyata, masyarakat memang membutuhkan bantuan itu,” tuturnya.

BTL El-Nino yang dianggarkan pemerintah sebanyak Rp7,52 triliun untuk 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat atau KPM. Dari data per 21 Desember 2023, BLT tersebut telah disalurkan 89,36 persen atau Rp6,72 triliun.
 
Baca Juga: Ini Dia 13 Ide Bisnis Digital yang Bakal Mendulang Cuan pada 2024, Simak Ulasannya di Sini

Sisanya sebanyak Rp795 juta masih dalam tahap penyaluran. Diharapkan, pekan ini BLT tersebut dapat tersalurkan tepat sasaran.

Sementara, dari data penyaluran di Yogyakarta, BLT yang disalurkan sebanyak Rp9,12 miliar untuk 22.810 KPM.

Airlangga menambahkan, selain BLT ada bantuan lain dari pemerintah berupa Program Keluarga Harapan atau PKH dan bantuan pangan yaitu beras 10 kilogram.

“Kami berharap berbagai bantuan pemerintah dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama bagi kelompok rentan,” imbuhnya.
 
Baca Juga: Link Hasil Seleksi Kompetensi PPPK Guru Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023, Ini Ketentuan Berkas Fisik!

Airlangga juga menjelaskan jika pemerintah menggandeng PT Pos Indonesia untuk penyaluran BLT karena jaringannya yang luas hingga ke daerah.

Ia pun berharap melalui PT Pos, bantuan itu bisa tepat sasaran. Selain itu, PT Pos juga telah berpengalaman dalam penyaluran bantuan Pemulihan Ekonomi Nasional atau PEN saat pandemi Covid 19 lalu.

Seperti diketahui, BLT El-Nino yang disalurkan pada November dan Desember 2023 totalnya Rp400.000. Jadi, dalam 1 bulan, KPM mendapat Rp200.000.

Bagaimana dengan penyaluran di kota lain? Berikut cara mengecek BLT El-Nino melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.
 
  • Buka laman cekbansos.kemensos.go.id.
  • Masukkan asal provinsi, kabupaten, kecamatan, serta desa atau kelurahan.
  • Masukkan Nama Penerima Manfaat sesuai KTP.
  • Ketik 4 huruf kode sesuai yang tertera dalam kotak kode.
  • Lalu klik cari data.
  • Selanjutnya, laman kemensos akan menampilkan nama penerima manfaat sesuai wilayah atau daerah yang dimasukkan.
  • Masyarakat yang telah terdaftar dalam penerima BLT El-Nino akan muncul keterangan Ya dalam kolom Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT serta Bantuan Sembako.

***

 

Editor: Anbari Ghaliya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x