Pelaksanaan Program Bansos BPNT Tidak Boleh Dilakukan Sembarangan, Harus Penuhi Prinsip-Prinsip Ini

- 28 Desember 2023, 10:27 WIB
Informasi tentang bansos BPNT
Informasi tentang bansos BPNT /Tangkap layar www.instagram.com/@kemensosri

BERITASOLORAYA.com – Bansos atau Bantuan sosial akan tetap cair pada tahun 2024. Kabarnya, bantuan sosial tersebut bernilai 1-3 juta, tergantung jenis bantuan yang ditujukan pada penerimanya.

Meskipun begitu bagi KPM atau Keluarga Penerima Manfaat yang telah mendapatkan bansos pada 2023, tidak secara otomatis mendapatkan bantuan sosial tersebut kembali.

Maka dari itu, KPM atau Keluarga Penerima Manfaat terlebih dahulu terus mengupdate data kepada DTKS Kemensos dengan meminta bantuan petugas.

Baca Juga: OKE GAS! 4 Bansos Ini Cair pada 2024, Besarannya 1-3 Juta, Cek Penjelasannya

Bantuan sosial ini merupakan bentuk komitmen pemerintah kepada masyarakat yang membutuhkan demi kesejahteraan yang mereka dapatkan. Lalu apa saja 4 jenis bantuan sosial yang akan disalurkan pemerintah melalui Kemensos pada tahun 2024?

Inilah 4 bansos yang cair pada tahun 2024

1. PIP atau Program Indonesia Pintar (Kemendikbud)

Bantuan sosial yang akan cair pada tahun 2024 salah satunya adalah PIO. PIP merupakan bantuan subsidi yang diberikan pemerintah kepada para pelajar dengan tingkat pendidikan SD, SMP, SMA, atau para siswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar atau KIP.

Menjelang akhir tahun 2023, pemerintah telah menyalurkan BLT PIP dengan besaran Rp450.000 sampai Rp1.000.000 per orang, kepada para siswa dengan berbagai tingkat pendidikan.

Baca Juga: CUAN GRATIS AKHIR TAHUN! Serbu Saldo DANA Kaget Hari Ini 28 Desember 2023 Rp100 Ribu, Masih Banyak Kuota

2. PKH atau Program Keluarga Harapan

Untuk PKH atau Program Keluarga Harapan, pemerintah telah menyalurkan bantuan tersebut dengan 4 tahap. Tahap 4 telah disalurkan mulai dari bulan Oktober sampai Desember.

Jenis bansos ini diberikan melalui PT.Pos Indonesia. Kategori dan besaran yang diterima juga berbeda. Salah satunya yaitu untuk ibu hamil dan balita, maka bansos yang diberikan sebesar Rp3.000.000 per tahun.

Untuk lansia dan penyandang disabilitas maka bantuan yang diberikan adalah sebesar Rp2.400.000 per tahun.

Baca Juga: Pahitnya Kegigihan, Kisah Guru Honorer Tidak Lolos PPPK dengan Pengabdian Selama 13 Tahun

3. BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai

BPNT juga menjadi salah satu jenis bansos yang juga akan disalurkan pada tahun 2024. Nominal atau besaran bantuan ini adalah sebesar Rp200.000 tiap bulan atau Rp2.400.000 tiap tahun.

4. CBP atau Bantuan Cadangan Bantuan Pangan

CBP merupakan bantuan sosial dengan wujud beras sebanyak 10 kilogram per bulan yang disalurkan pada 21,35 juta KPM pada tahun 2024 mendatang. Penyaluran bantuan beras ini masih berlangsung pada bulan Desember 2023.

Keempat bantuan sosial tersebut diharapkan mampu mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bantuan-bantuan sosial tersebut juga diharapkan pemerintah dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tengah himpitan ekonomi.

Halaman:

Editor: Anbari Ghaliya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x