Resmi, Rp37 Miliar Bantuan Disalurkan ke Madrasah, Cek Selengkapnya di Wilayah Ini

- 18 November 2022, 13:40 WIB
Ilustrasi bantuan untuk madrasah
Ilustrasi bantuan untuk madrasah /pexels/pixabay
BERITASOLORAYA.com - Terdapat bantuan yang diberikan kepada satuan pendidikan sebesar Rp37 Miliar.

Bantuan tersebut diberikan kepada satuan pendidikan madrasah untuk sejumlah 341 madrasah swasta.

Di mana, Kementerian Agama telah mengalirkan bantuan rehabilitasi dan pembangunan ruang kelas baru untuk madrasah swasta tersebut.
 
Baca Juga: Cara Ajukan dan Isi Masa Sanggah Seleksi PPPK Guru 2022, Simak Ketentuan BKN Berikut Ini

Abdul Rouf selaku Kepala Subdirektorat Sarana Prasarana pada Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah sudah mempertegas mengenai hal itu.

Dikutip BeritaSoloRaya.com melalui situs Kemenag, jumlah bantuan yang sudah disalurkan senilai Rp37.620 miliar untuk sejumlah 341 madrasah swasta.

"Bantuan itu ada yang digunakan untuk rehabilitasi ruang kelas, ada juga yang untuk membangun ruang kelas baru,” terang Rouf, saat rapat Evaluasi Bantuan Rehabilitasi dan Pembangunan Ruang Kelas Baru RA, MI, MTs dan MA, di Tangerang, Senin 7 November 2022 lalu.
 
Baca Juga: Pelajar SMA Sederajat Harus Tahu, Kemdikbud Beri Program agar Bisa Dapat Biaya Pendidikan Rp12 Juta, Cek di...

Rouf memperinci bantuan tersebut, yaitu ada 164 madrasah menerima bantuan ruang kelas baru dan 177 madrasah menerima bantuan rehabilitasi ruang kelas.

Penerima, menurut Rouf sudah menyelesaikan pekerjaannya, baik proses rehabilitasi maupun untuk pembangunan ruang kelas baru.

Evaluasi yang utamanya terkait pelapor anda, digelar sebagai tahap akhir sesuai proses pelaksanaan program bantuan rehabilitasi dan bantuan pembangunan ruang kelas baru.

“Mengingat bantuan ini amanah dari pemerintah yang mendasarkannya APBN, kami menilai perlu menyamakan persepsi terkait dengan penyelesaian laporan pertanggungjawaban,” katanya.
 
Baca Juga: Bikin Ngiler, Santap Siang Delegasi G20 Disuguhi Deretan Kuliner Nusantara, Mulai Menu Pembuka Sampai Penutup

Bekti Indramadji selaku Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda MA dan MAK Direktorat KSKK Madrasah menyebut, Subdirektorat Sarana Prasarana sudah menyelesaikan pemantauan ke daerah.

Hal itu bertujuan guna untuk melihat langsung usulan terkait bantuan sarana prasarana. Secara umum, menurut Rouf, proses pembangunan sudah dilaksanakan.

Para penerima bantuan harus ingat akan pentingnya penyelesaian laporan pertanggungjawaban sebagaimana kata Bakti.
 
Baca Juga: Benarkah Upah Minimum 2023 Naik? Kemnaker Ungkap Juknis hingga Pembahasan UMP dan UMK

“Pada aplikasi Simsarpras tersedia kolom untuk mengunggah laporan pertanggungjawaban. Harapan kami, semua kolom unggahan itu terisi. Ada tahapan-tahapan pembangunan berupa foto, laporan akademik, laporan keuangan hinggan video pemanfaatan bangunan,” lanjutnya lagi.

Pengecekan laporan pertanggungjawaban selalu dipantau sebagaimana yang disampaikan Setio Kusnaningsih selaku Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda MI dan MTs Direktorat KSKK Madrasah

Di mana, laporan pertanggungjawaban tersebut yang telah dikirim melalui aplikasi Simsarpras.
 
Baca Juga: Pernah Trending di TikTok, Begini Lirik dan Makna Lagu Glimpse of Us dari Joji

Akan tetapi, masih banyak madrasah yang belum mengunggah laporan akademik dan laporan keuangan.

“Melalui momen ini, outputnya jelas agar peserta yang hadir dapat menjalankan kewajibannya untuk menyelesaikan dan mengunggah laporan akademik, keuangan hingga video kemanfaatan bangunan,” tegasnya.

Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda Raudlatul Athfal Direktorat KSKK Madrasah Ety Herawati menyebut, 69% penerima bantuan rehabilitasi madrasah sudah mengunggah progress foto pembangunan pada aplikasi Simsarpras.
 
Baca Juga: IGTI, Program Magang S2 dan S3 dari BUMN. Simak Tanggal, Persyaratan, Alur, dan Benefit yang Diberikan

Adapun yang diunggah sudah mencapai 66% adalah penerima bantuan pembangunan ruang kelas baru.

“Kami menunggu yang lainnya agar dapat segera menyelesaikan semua berkas laporannya," terangnya.

Evaluasi Bantuan Rehabilitasi dan Pembangunan Ruang Kelas Baru Tahap 1 digelar selama empat hari, mulai dari tanggal 3-6 November 2022 di Tangerang.***

Editor: Anbari Ghaliya

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x