Sama-sama Nyimpen Duit, Apa Beda Investasi Dengan Menabung?

- 15 Maret 2023, 11:29 WIB
Meskipun sama-sama kegiatan menyimpan uang, namun antara menabung dan investasi memiliki perbedaan. Simak selengkapnya.
Meskipun sama-sama kegiatan menyimpan uang, namun antara menabung dan investasi memiliki perbedaan. Simak selengkapnya. /Pexels

BERITASOLORAYA.com - Meskipun sama-sama aktifitas menyimpan uang, investasi dan menabung adalah dua hal yang berbeda. Perbedaan itu meliputi beberapa aspek, mulai dari pengertian, tujuan, risiko, potensi, waktu, jenis dan likuiditas.

Agar Anda lebih mengerti tentang dua kegiatan menyimpan uang ini, sebagai pembukanya mari kita lihat pengertian dari kegiatan investasi maupun menabung.

Pertama, menabung adalah tindakan menyimpan uang di bank atau lembaga keuangan lainnya dengan tujuan mempertahankan atau meningkatkan kekayaan. Uang yang disimpan di bank biasanya diberikan bunga sebagai pengembalian.

Baca Juga: P1 yang Belum Dapat Penempatan Akan Tergeser dari Sekolah Induk? Begini Jawaban Ditjen GTK Kemdikbud…

Tujuan utama dari menabung adalah untuk memiliki cadangan dana atau menabung untuk tujuan tertentu di masa depan seperti biaya pemilikan kendaraan atau biaya liburan. Menabung juga dapat membantu seseorang mempersiapkan diri untuk situasi darurat seperti kehilangan pekerjaan atau kebutuhan medis.

Menabung relatif aman dan mudah dilakukan karena uang yang disimpan di bank biasanya dijamin oleh pemerintah. Meskipun bunga yang diberikan oleh bank cenderung lebih rendah daripada biaya rutin tabungan.

Biaya rutin adalah biaya yang harus kita tanggung sebagai pemilik rekening tabungan di bank. Biaya ini biasanya meliputi biaya administrasi bulanan, biaya kartu ATM, dan pajak atas bunga yang kita peroleh

Baca Juga: Penting! Investasi Jangka Panjang atau Investasi Jangka Pendek? Mana yang Lebih Baik? Apa Pertimbangannya? 

Halaman:

Editor: Egia Astuti Mardani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x