ORI: Investasi Pasti untuk Membangun Negeri

- 15 Maret 2023, 14:47 WIB
Ilustrasi. Obligasi Ritel Indonesia atau ORI, investasi yang bisa jadi pilihan
Ilustrasi. Obligasi Ritel Indonesia atau ORI, investasi yang bisa jadi pilihan /Pexels/Andrea Piacquadio/

BERITASOLORAYA.com - Obligasi Ritel Indonesia atau disingkat ORI adalah jenis obligasi yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia untuk membiayai kegiatan pembangunan dan memenuhi kebutuhan pemerintah dalam hal pembiayaan defisit anggaran.

Karena ORI diterbitkan oleh pemerintah untuk membiayai kegiatan pembangunan, bisa dikatakan bahwa dengan investasi ORI, kita telah ikut serta dalam pembangunan di negeri ini.

ORI awalnya diperkenalkan pada tahun 2006 sebagai sarana investasi untuk masyarakat yang ingin memanfaatkan instrumen investasi yang lebih aman dan stabil dibandingkan saham.

ORI sendiri adalah surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah dalam denominasi kecil yang dapat dibeli oleh masyarakat umum. ORI umumnya memiliki jangka waktu penerbitan yang bervariasi mulai dari 3 tahun hingga 20 tahun.

Baca Juga: Investasi Emas dengan Antam, Harga Beli Lagi Turun, Investor Segera Merapat

ORI juga memberikan bunga secara periodik yang dapat dibayarkan dengan frekuensi bulanan, triwulanan, semesteran, atau tahunan. Bunga ini sering disebut dengan kupon.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat oleh para investor dengan membeli ORI. Keuntungan pertama, investasi ORI memberikan bunga yang relatif lebih tinggi dibandingkan deposito di bank atau tabungan di bank.

Halaman:

Editor: Syifa Alfi Wahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x