JANGAN KHAWATIR, Inilah Alasan Nominal Bantuan PIP yang Diterima Berbeda, Simak Selengkapnya…

- 19 Juni 2023, 16:51 WIB
Ilustrasi. Inilah alasan dibalik berbedanya nominal bantuan PIP Kemendikbud yang diterima oleh para siswa kelas awal dan akhir
Ilustrasi. Inilah alasan dibalik berbedanya nominal bantuan PIP Kemendikbud yang diterima oleh para siswa kelas awal dan akhir /Kemdikbud/

BERITASOLORAYA.com - Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan bantuan keuangan kepada siswa dari keluarga kurang mampu.

Bantuan PIP ini diberikan agar siswa-siswa tersebut dapat melanjutkan pendidikan mereka dengan lebih baik. Namun, ada hal yang sering membuat orang bingung, yaitu perbedaan nominal bantuan yang diterima antara siswa kelas awal tau pada kelas 1 (SD), 7 (SMP) dan 10 (SMP) dan siswa kelas akhir 6 (SD), 9 (SMP) dan 12 (SMA). Mengapa hal ini terjadi?

Salah satu alasan utama mengapa nominal bantuan PIP yang didapat berbeda antara siswa kelas awal dan siswa kelas akhir adalah karena perbedaan lamanya masa studi dalam satu tahun anggaran.

Siswa kelas awal (kelas 1, 7, dan 10) hanya menjalani satu semester dalam satu tahun anggaran, sedangkan siswa kelas akhir (kelas 6, 9 dan 12) menjalani seluruh tahun ajaran. Hal ini yang menjadikan ada perbedaan pada nominal bantuan PIP Kemendikbud.

Baca Juga: WAJIB TAHU, Inilah Nominal Bantuan yang Diberikan Pada PIP Kemendikbud, Simak Selengkapnya…

Perlu diketahui bahwa tahun ajaran dimulai pada bulan Juli dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya. Sementara itu, tahun anggaran dimulai pada bulan Januari dan berakhir pada bulan Desember. Dengan perbedaan ini, terjadi kesenjangan waktu antara tahun ajaran dan tahun anggaran.

Ketika siswa baru masuk ke kelas 1, 7, atau 10, mereka hanya akan mendapatkan bantuan untuk satu semester pertama dalam tahun anggaran tersebut. Kemudian, pada semester kedua, mereka akan masuk ke tahun ajaran berikutnya yang belum termasuk dalam tahun anggaran yang sama.

Halaman:

Editor: Syifa Alfi Wahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x