Benarkah Penyaluran Bansos Tidak Lagi Gunakan E-Warong di Tahun 2024? Simak Penjelasannya Berikut

- 7 Januari 2024, 21:00 WIB
Tampilan E-Warong
Tampilan E-Warong /Tangkap layar dari data kemensos.go.id/

BERITASOLORAYA.com – Terdengar kabar bahwa di tahun 2024 ini, e-warong tidak lagi digunakan untuk menyalurkan Bansos. Hal ini tampaknya telah dikonfirmasi oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Skema e-warong untuk menyalurkan Bansos Kartu Sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tidak lagi digunakan oleh Kemensos di tahun 2024 ini. Penyaluran BPNT telah menggunakan uang tunai untuk memberikan keleluasaan bagi penerimanya.

Hal ini telah disampaikan oleh Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini melalui keterangan tertulisnya pada Kamis, 2 Maret 2023. Jadi sudah bisa dipastikan bahwa e-warong sudah tidak lagi digunakan dalam hal pendistribusian Bansos BPNT.

Baca Juga: Dinsos Provinsi Maluku Utara Perkuat Tenaga PSM untuk Menghadapi Pendistribusian Bansos

Seperti yang dikutip BeritaSoloRaya.com dari berbagai sumber pada 7 Januari 2024, menurut penjelasan Mensos Risma, penyaluran Bansos BPNT sudah tidak lagi melalui e-warong. Hal ini untuk memberikan kebebasan pada keluarga penerima manfaat.

Menurut penjelasan dari Mensos Risma, penyaluran Bansos BPNT telah disepakati bersama dalam bentuk uang tunai. Mensos Risma juga menambahkan bahwa pihaknya sudah tidak menggunakan e-warong lagi.

Mensos Risma menyatakan bahwa ketentuan ini menyikapi dari Peraturan Presiden nomor 63 tahun 2017 yang mengungkapkan bahwa Bansos bisa dilakukan dengan penarikan uang tunai maupun barang.

Dengan adanya Peraturan Presiden nomor 63 tahun 2017 ini, maka pihak Kemensos, menurut Mensos Risma, sudah tidak lagi memakai e-warong dan pihak keluarga penerima manfaat bisa melakukan penarikan secara uang tunai.

Baca Juga: Formasi ASN Terbesar Sebanyak 547.417 Diperuntukkan untuk Tenaga Teknis, Siapa Saja?

Halaman:

Editor: Anbari Ghaliya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x