Dana BOS Madrasah Tahun 2023 Senilai 4 Triliun Segera Dicairkan Kemenag, Ada yang Berbeda Dari Sebelumnya?

- 19 Januari 2023, 14:59 WIB
Ilustrasi. BOS untuk 49.074 Madrasah Swasta dari MI – MA segera dicairkan Kemenag. Total anggaran Rp 4 triliun dan kebijakan berbeda dari sebelumnya.
Ilustrasi. BOS untuk 49.074 Madrasah Swasta dari MI – MA segera dicairkan Kemenag. Total anggaran Rp 4 triliun dan kebijakan berbeda dari sebelumnya. /freepik

BERITASOLORAYA.com – Dana Bantuan Operasional Sekolah atau BOS tahun 2023 senilai Rp4 triliun segera dicairkan oleh Kemenag.

Adapun dana BOS ini diperuntukkan bagi Madrasah Swasta, baik itu tingkat Ibtidaiyah, Tsanawiyah, maupun Aliyah.

Namun, ada yang berbeda dari kebijakan BOS tahun 2023 dengan tahun sebelumnya.

Dilansir BeritaSoloRaya.com dari laman Kemenag pada 18 Januari 2023 bahwa pada tahun ini mulai diterapkan kebijakan BOS Majemuk untuk Madrasah.

Baca Juga: Dana BOS 2023 Rp4 Triliun Siap Digelontorkan, Sekolah Kategori Ini Pahami Prosedur Pencairan Berikut…

Apa itu BOS Majemuk? BOS Majemuk adalah kebijakan pendanaan BOS dengan variatif nilai yang disesuaikan dengan tingkat kemahalan di daerah tempat madrasah berada.

Dengan demikian, nantinya anggaran BOS setiap daerahnya memiliki nilai yang tidak lagi sama rata, melainkan variatif sesuai dengan tingkat kemahalan di daerah tempat madrasah berdiri.

Sebagai contoh, besaran BOS MI (Madrasah Ibtidaiyah), MTs (Madrasah Tsanawiyah), dan MA (Madrasah Aliyah) yang berada di Jawa, tidak sama dengan madrasah yang berada di Papua.

Karena, tingkat kemahalan barang dari dua daerah tersebut berbeda. Sehingga diharapkan dengan diterapkannya kebijakan ini, dana BOS Madrasah lebih dapat memenuhi kebutuhan operasional yang berdampak pada meningkatnya mutu pendidikan di madrasah.

Halaman:

Editor: Egia Astuti Mardani

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah