7 Hal Yang Perlu Dipahami Seorang Penjual, Simak Selengkapnya

- 9 Desember 2021, 05:25 WIB
Ilustrasi penjualan online
Ilustrasi penjualan online /Pixabay/

 

BERITASOLORAYA.com - Berjualan itu sangat menyenangkan. Berjualan pun bisa membawa keberkahan rezeki, jika ditekuni sesuai petunjuk agama.

Dengan berjualan, sesorang bisa menjalin silaturrahmi, serta bisa memperluas pergaulan.

Dengan berjualan pun seseorang bisa menjadi lebih kreatif, karena harus berpikir agar barang yang dijualnya bisa laku keras dan memberikan keuntungan maksimal.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa kekecewaan dan kesedihan akan dirasakan jika barang yang dijual tidak laku dan tidak memberikan keuntungan. Namun, jangan terlalu larut dalam kekecewaan tersebut, karena sejatinya untung rugi adalah hal yang lumrah dalam penjualan.

Baca Juga: Gala Sering Disentuh Orang Asing, Fuji Marah dan Tidak Suka

Sebagaima dikutip oleh Berita Solo Raya dari akun Instagram @seputarbisnis.id1 berikut ini ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh para penjual. Yuk kita simak.

  1. 93% konsumen yakin pada referensi teman atau kerabat sebagai sumber informasi yang layak untuk dipercaya. Jadi pastikan produk yang kamu  jual dan pelayanan yang kamu berikan layak untuk direkomendasikan
  2. 83% penjualan terjadi karena pembeli menyukai penjualnya (Kerry L. Johnson – Sales Magic), kamu tidak perlu menjadi penjual yang pintar, jadilah penjual yang menyenangkan.
  3. Hasil survei mengatakan, jika kita berjualan ke 100 orang, maka hanya ada 2 orang yang pasti tertarik untuk membeli, sisanya masih harus diyakinkan.
  4. Riset dari Marketing Onbee Research mengatakan bahwa rata-rata orang Indonesia akan menceritakan hal positif tentang suatu produk kepada 7 orang, sedangkan hal-hal yang negatif akan diceritakan kepada 11 orang. Jadi jaga jangan sampai produk dan pelayanan yang kamu berikan mengecewakan pembeli.
  5. Promosi dengan menggunakan cerita atau story telling akan lebih mudah dipahami daripada kata-kata iklan biasa. Pelajari teknik story telling yang benar dan praktekkan segera.
  6. Pembeli biasanya tidak akan menyadari bahwa keputusannya untuk membeli sedang ditunggu, oleh karena itu, penjual harus melakukan follow up sampai si pembeli melakukan pembayaran
  7. Menurut HOOTSUITE, penjualan melalui WA lebih efektif dibandingkan dengan media sosial. 1000 kontak WA akan lebih menguntungkan dibandingkan 1000 follower media sosial.

Baca Juga: Buat Konten Bareng Ria Ricis, Fuji Dapatkan Banyak Barang Mewah

Demikian beberapa hal yang bisa menambah pengetahuan seorang penjual. Yang terpenting adalah teruslah berjuang. Jika gagal, jangan pernah malu untuk bangkit dan mencoba lagi.***

Halaman:

Editor: Inung R Sulistyo

Sumber: Instagram @seputarbisnis.id1


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x