Lima Pilar PIDI 4.0 sebagai Solusi Industri 4.0

- 15 Desember 2021, 10:00 WIB
Ilustrasi Industri 4.0
Ilustrasi Industri 4.0 /Pixabay/liviawong

 

BERITASOLORAYA.com - Indonesia menjadi negara berkembang pertama yang memimpin G20, maka indonesia diprediksi menjadi navigator perkembangan juga mengarahkan perekonomian untuk ke depannya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Presidensi G20 memaparkan beberapa topik penting untuk dibahas, salah satu topik utama yang difokuskan adalah transformasi digital.

Dengan demikian untuk melancarkan rencana tersebut, pemerintah membangun Pusat Industri Digital Indonesia (PIDI) 4.0 yang telah diresmikan pada hari kamis tanggal 02 Desember 2021 lalu saat di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Perlu Diketahui, Inilah 4 Motif yang Memunculkan Motivasi

Di kesempatan yang sama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yakni Airlangga Hartarto mengutarakan bahwa pembangunan PIDI 4.0 sejalan dengan transformasi digital karena dianggap sebagai solusi satu atap percepatan transformasi menuju Industri 4.0.

Airlangga juga berharap agar hal ini menjadi showcase kemajuan teknologi digital di Indonesia, khususnya di sector manufaktur dengan menjadi salah satu pengungkit digitalisasi di Indonesia.

Pemerintah juga mengharapkan integrasi inovasi dan industrialisasi. Dengan demikian PIDI 4.0 ini dapat menjadi Jendela Indonesia 4.0 untuk dunia.

Menteri Perindustrian (Menperin) yakni Agus Gumiwang Kartasasmita mengaku bahwa pembangunan PIDI 4.0 merupakan inisiasi Menko Perekonomian yang sebelumnya sempat tertunda semenjak adanya pandemi.

Halaman:

Editor: Inung R Sulistyo

Sumber: kominfo.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x