Ingin Bermain Saham Online? Beginilah Caranya

- 17 Desember 2021, 16:58 WIB
Ilustrasi Saham Top Losers Kamis, 25 November 2021
Ilustrasi Saham Top Losers Kamis, 25 November 2021 /unsplash/Austin Distel
 
BERITASOLORAYA.com - Dunia digital menjadi dunia kedua. Bagi sebagian orang lebih banyak hidup dalam dunia digital. Sebagian lagi menjadikan dunia digital sebagai alat untuk pekerjaan. 
 
Bicara soal pekerjaan didunia digital, atau hal bisnis, uang, investasi, saat ini era digital menawarkan berbagai jenis. 
 
Bahkan ada yang menyebut dengan saham online. Saham online adalah jual beli saham yang dilakukan secara online. 
 
 
Sama persis dengan jual beli saham biasanya, yang membedakan hanya alat yang digunakan beralih menggunakan digital.. 
 
Mengutip dari BeritaSoloRaya dari Indonesia.go.id memaparkan bagaimana cara bermain saham online. 
 
Menurut pemaparan, sebelumnya harus mempunyai modal yang cukup sebelum terjun di bisnis ini. Serta mengusahakan dana yang  akan digunakan adalah dana dingin.
 
1. Dana 
 
Sebelum benar-benar terjun dibisnis saham harus mempunyai modal yang cukup. Dana yang digunakan untuk bermain saham online sebaiknya dana dingin yang berarti uang menganggur yang memang diniatkan untuk investasi saham. 
 
2. Buka Rekening 
 
Langkah selanjutnya adalah membuka rekening. Selain itu, mencari di google. Search dengan kata kunci “perusahaan sekuritas”.
 
Jika sudah selesai, berarti sudah siap dalam melakukan transaksi online. Akses untuk jual beli saham online, baik di PC maupun di smartphone dapat dilakukan.
 
 
Dalam hal ini pengurusan kartu KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) itu penting , untuk bukti sebagai salah satu investor yang dilindungi di Indonesia. 
 
Setelah tahap membuka rekening, selanjutnya tinggal memilih saham yang akan dibeli. 
 
Dalam tahap ini pengetahuan sangat diperlukan. Secara singkat terdapat dua teknik yang dapat digunakan, yaitu jurus fundamental dan teknikal.
 
Analisis Fundamental
 
Analisis fundamental maksudnya adalah belajar inti perusahaan, yaitu dapat memulainya dengan mengerti proses bisnis atau SOP perusahaan incara.
 
Analisis Teknikal
 
Sedangkan, analisis teknikal  lebih melihat kedalam sisi psikologis trader, hal tersebut dapat mengetahui naik turunnya harga saham  dari hari ke hari bahkan hitungan jam.
 
Jika dirasa paham, tinggal klik “beli” dari aplikasi. Beberapa catatan yang perlu diingat, yakni ketika menjual saham, makan akan ada pajak atas saham. 
 
 
Belajar dari investor fundamental yang lama yang sudah bergelut didunia saham, biasanya menyimpan saham dalam waktu lama untuk menghindari fee penjualan yang tinggi serta pajak atas penjualan saham.
 
Evaluasi Portfolio Saham
 
Melakukan pengecekan setiap minggunya sebagai evaluasi saham diperlukan. Pengecekan saham yang dikoleksi ditujukan untuk menghindari tindakan liar perusahaan yang tidak kita ketahui.Namun, pengecekan tidak harus dilakukan setiap detik, kecuali bagi swing trader atau forex trader. 
 
Sedangkan bagi investor jangka pendek, disarankan mengecek dalam sehari sekali atau dua kali. Investor jangka menengah dan jangka panjang disarankan ngecek setiap minggu.
 
Evaluasi Portfolio 
 
Untuk mengevaluasi melihat harga. Memperhatikan pergeseran harga apakah masih dalam batas yang ditetapkan atau tidak. 
 
Kinerja
 
Dalam kinerja dapat dicek atau dilihat melalui media. Terkait terjadi perubahan manajemen dan isu yang berhubungan dengan perusahaan. 
 
 
Disarankan juga fokus ke kondisi makro, melihat harga kebutuhan seperti, harga minyak, harga emas, dan harga lainnya. Hal tersebut sangat penting dalam pengaruh pergerakan saham.***
 

Editor: Inung R Sulistyo

Sumber: indonesia.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x