Stratifikasi Gaji Guru di Indonesia, Urutan Terakhir Sangat Mencengangkan

- 24 Februari 2023, 11:07 WIB
Ilustrasi gaji guru Indonesia
Ilustrasi gaji guru Indonesia /Freepik/drobotdean

BERITASOLORAYA.com – Gaji guru di Indonesia menjadi bahasan yang tak pernah ada hentinya. Terkenal dengan gaji yang relatif rendah dibanding pekerjaan yang lain membuat profesi guru kerap menjadi pilihan kedua atau bahkan ketiga dalam mencari pekerjaan.

Di Indonesia, guru dari zaman dahulu dikenal dengan profesi tanpa tanda jasa. Hal tersebut tidak lantas menjadikan profesi guru menjadi profesi yang tidak membutuhkan uang. Selayaknya orang bekerja di perusahaan, guru yang mengajar di sekolah juga menantikan gaji.

Dalam perkembangannya, guru di Indonesia akhirnya mendapatkan perhatian dari pemerintah dengan berbagai program yang dijalankan demi tercapainya kemakmuran bagi guru–guru yang senantiasa berusaha untuk mencerdaskan penerus bangsa.

Baca Juga: Manchester United Berhasil Mengakhiri Perlawanan Barcelona. Berikut Ulasan dan Statistik Pertandingannya

Gaji guru juga sangat bervariatif. Secara umum, ada 4 golongan guru dengan urutan gaji tertinggi sampai dengan gaji terendah. Keempat golongan tersebut membuat stratifikasi atau tingkatan gaji. Berikut penjelasan lengkapnya.

4 Golongan Stratifikasi Gaji Guru di Indonesia

  1. Guru PNS Sudah Sertifikasi

Urutan pertama ditempati dengan golongan guru yang sudah menjadi PNS dan juga sudah mendapatkan sertifikasi. Golongan ini menjadi golongan guru dengan gaji tertinggi dibanding golongan guru yang lain.

Banyak sumber penghasilan yang bisa diperoleh dari golongan ini. Selain gaji bulanan dari pemerintah, ia juga mendapatkan gaji double karena sudah bersertifikasi. 

Halaman:

Editor: Dian R.T.L. Syam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x