Jadi Begini Cara Otentikasi Taspen untuk Mudahkan Pensiunan ASN

- 24 Februari 2023, 12:03 WIB
Kini semakin gampang dalam penarikan tunjangan pensiun PNS melalui aplikasi Otentikasi Taspen. Para pensiunan juga cara mendapat berbagai informasi terkait dengan asuransi.
Kini semakin gampang dalam penarikan tunjangan pensiun PNS melalui aplikasi Otentikasi Taspen. Para pensiunan juga cara mendapat berbagai informasi terkait dengan asuransi. /@tirachardz

BERITASOLORAYA.com - Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri, atau akrab disebut Taspen merupakan unit usaha milik Persero, BUMN yang berfungsi sebagai asuransi dana pensiun PNS.

Dengan adanya Taspen, pensiunan PNS dapat menerima sejumlah uang tunai sebagai tunjangan hari tua. Lalu apa yang disebut dengan Otentikasi Taspen?

Otentikasi Taspen adalah suatu proses ataupun suatu cara yang bisa dilakukan di mana saja melalui smartphone untuk memastikan bahwa peserta ataupun penerima pensiun masih aktif (hidup) dan berhak atas pembayaran pensiun ASN seperti PNS, PPPK atau aparatur-aparatur yang lain.

Baca Juga: Tunjangan Sertifikasi Terancam Gagal Cair di Triwulan 1 2023 dari Guru Kategori Ini, Segera Cek Lebih Lanjut!

Lalu apa saja yang perlu perhatikan dalam penggunaan Otentikasi Taspen?

Dikutip BeritaSoloraya.com dari kanal YouTube Taspen, 23 Februari 2023, ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk Otentikasi Taspen. Yang pertama adalah Enrollment Taspen.

"Pertama apakah kamu sudah melakukan enrollment? Enrollment Taspen adalah proses perekaman biometri meliputi suara dan rekam wajah yang telah berhasil terekam pada proses ini," ungkap seorang narator dalam video tersebut.

Selain itu, fungsi yang lain dari Enrollment Taspen adalah, para pensiun PNS dapat mengetahui tunjangan pensiun tanpa harus mendatangi Kantor Taspen.

Baca Juga: Guru Wajib Tahu! Terdapat 6 Kategori Guru Terancam Gagal Dapat Tunjangan Sertifikasi, Simak di Bawah Ini

Halaman:

Editor: Egia Astuti Mardani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x