Susah Mengelola Uang? Gunakan 5 Tips Menabung Ala Orang Jepang dengan Metode Kakeibo, Dijamin Paten!

- 27 April 2023, 10:56 WIB
Ilustrasi. Berikut adalah 5 tips menabung dan mengelola uang menggunakan metode yang banyak digunakan oleh orang Jepang, yaitu Kakeibo.
Ilustrasi. Berikut adalah 5 tips menabung dan mengelola uang menggunakan metode yang banyak digunakan oleh orang Jepang, yaitu Kakeibo. /Pexels/Tima Miroshnichenko/


BERITASOLORAYA.com – Selain dikenal disiplin dan pekerja keras, orang Jepang juga menerapkan gaya hidup hemat atau tidak suka menghambur-hamburkan uang. Masyarakat Jepang menyebut gaya hidup ini sebagai Kakeibo. Tak pelak, cara atau tips menabung ala orang Jepang kerap menjadi inspirasi bagi golongan yang sulit menabung.

Kakeibo merupakan metode atau teknik pengelolaan keuangan yang populer dan sering dilakukan banyak ibu rumah tangga di Jepang. Metode ini diperkenalkan untuk kali pertama oleh seorang jurnalis bernama Makoto Hani pada tahun 1904.

Metode Kakeibo kembali dipopulerkan pada tahun 2017 lewat buku Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money karya Fumiko Chiba.

Baca Juga: Sama-sama Nyimpen Duit, Apa Beda Investasi Dengan Menabung?

Sementara itu, banyak pakar yang menyebut bahwa Kakeibo memiliki arti catatan keuangan rumah tangga. Dengan kata lain, teknik pengelolaan uang dengan Kakeibo ini menekankan pada perencanaan dan pencatatan keuangan dalam lingkup rumah tangga.

Lebih jauh sebagaimana dilansir BeritaSoloRaya.com dari buku Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money pada Rabu, 26 April 2023, berikut adalah 5 tips yang dapat Anda ikuti untuk mengelola keuangan menggunakan metode Kakeibo:

1) Mencatat Semua Pemasukan

Baca Juga: CEK, 28 Daerah Sudah Cairkan Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 1 Tahun 2023 Kemdikbud dan Kemenag

Halaman:

Editor: Egia Astuti Mardani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x