Indikator Ekonomi Syariah Meningkat, Menperin Minta Indonesia Pimpin Industri Halal Dunia

- 11 Mei 2023, 19:54 WIB
Membaiknya indikator ekonomi syariah nasional menurut Menperin seharusnya mampu dimanfaatkan Indonesia memimpin industri halal dunia.
Membaiknya indikator ekonomi syariah nasional menurut Menperin seharusnya mampu dimanfaatkan Indonesia memimpin industri halal dunia. /ANTARA/HO-Biro Humas Kemenperin/

BERITASOLORAYA.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan peningkatan indikator ekonomi syariah nasional seharusnya mampu dimanfaatkan Indonesia untuk memposisikan diri sebagai pemimpin industri halal dunia.

Konsumsi umat Muslim di Indonesia terhadap produk dan layanan halal diproyeksikan mengalami peningkatan hingga 14,96 persen pada tahun 2025, atau dengan jumlah 281,6 miliar dolar AS.

Jumlah itu sekaligus menjadikan Indonesia konsumen pasar halal dengan jumlah terbesar di dunia. Konsumsi pasar halal Indonesia sebesar 11,34 persen dari total konsumsi halal secara global.

Menurut Menperin, pertumbuhan ekonomi syariah dan industri halal di Indonesia ditopang beberapa pendorong utama hingga menjadi sangat kokoh seperti saat ini.

Baca Juga: PENTING UNTUK GURU PAUD, TK, SD, SMP, SMA, Kemendikbud Imbau Untuk Segera Registrasi sampai 12 Mei 2023....

Beberapa penumpang tersebut antara lain populasi umat Muslim yang besar, meningkatnya nilai-nilai Islam berkaitan dengan konsumsi produk halal dan thoyyib, juga bertambahnya program nasional yang berkaitan dengan pengembangan produk dan layanan halal.

“Secara global, saat ini indikator ekonomi syariah Indonesia terus membaik dengan berhasil menjadi peringkat keempat di dunia. Kita sebagai bangsa yang besar perlu mereposisi peran negara kita sebagai pemimpin global di dunia industri halal,” kata Menperin di Jakarta, Selasa, 9 Mei 2023.

Halaman:

Editor: Syifa Alfi Wahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x