Gaji Ke-13 PNS akan Cair Mulai 5 Juni 2023, Berdampak Pada Investasi Pendidikan Anak, Simak Selengkapnya…

- 4 Juni 2023, 18:30 WIB
Ilustrasi. Inilah dampak pencairan gaji ke-13 untuk para PNS yang akan berdampak pada investasi pendidikan anak. Simak pernyataan pengamat berikut.
Ilustrasi. Inilah dampak pencairan gaji ke-13 untuk para PNS yang akan berdampak pada investasi pendidikan anak. Simak pernyataan pengamat berikut. /Pixabay/ robert indar

BERITASOLORAYA.com - Kabar gembira, gaji ke-13 PNS di seluruh Indonesia dikabarkan akan segera cair mulai tanggal 5 Juni 2023. Pengamat ekonomi dari Universitas Mulawarman Samarinda, Kalimantan Timur, Aji Sofyan Effendi, memandang bahwa hal ini akan berdampak positif terhadap investasi pendidikan jangka panjang bagi anak-anak.

Menurutnya, periode Juni dan Juli merupakan masa tahun ajaran baru di mana banyak pendaftaran sekolah dari tingkat SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi dilakukan. Oleh karena itu, gaji ke-13 PNS dapat digunakan untuk pembayaran biaya pendidikan dan pembelian seragam bagi anak-anak.

"Pada Juni dan Juli merupakan masa tahun ajaran baru, baik pendaftaran SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi, sehingga gaji ke-13 bagi PNS akan diarahkan untuk melakukan pembayaran hingga pembelian seragam maupun kebutuhan pendidikan bagi anak," jelas Aji Sofyan yang dikutip BeritaSoloRaya.com dari ANTARA.

Baca Juga: BESOK BANGET, Para ASN dan Pensiunan Resmi Menerima 3 Kali Lipat Gaji Ke-13 dari Kemenkeu Pada 5 Juni Jika…

Dampaknya terhadap pendidikan anak sangatlah signifikan. Anak-anak akan merasa senang dan semangat dalam bersekolah karena mendapatkan seragam baru dan perlengkapan sekolah baru.

Bagi mahasiswa yang memiliki orang tua bekerja sebagai PNS, gaji ke-13 ini akan digunakan untuk mempersiapkan kebutuhan kuliah dan membayar uang kuliah per semester.

Meskipun ada beberapa mahasiswa yang bisa mendapatkan beasiswa, namun biasanya beasiswa baru diberikan pada semester kedua. Oleh karena itu, untuk semester pertama, biaya kuliah harus dibayarkan oleh orang tua. Gaji ke-13 PNS menjadi solusi karena tidak akan mengganggu jatah belanja bulanan untuk kebutuhan rumah tangga.

Aji Sofyan juga menyatakan bahwa dampak terhadap perekonomian akibat adanya gaji ke-13 memang ada, namun tidak begitu signifikan. Sebagian besar dari gaji tersebut akan digunakan untuk belanja pendidikan bagi anak-anak PNS.

Halaman:

Editor: Egia Astuti Mardani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x