Selamat, Tunjangan ASN Naik? Anggarannya Jadi Rp78 Milliar, Cek di Sini

- 13 Februari 2023, 16:20 WIB
Anggaran untuk tunjangan ASN mengalami kenaikan
Anggaran untuk tunjangan ASN mengalami kenaikan /Jho Kurniawan/Mata Bangka/

BERITASOLORAYA.com - Beberapa tunjangan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang disalurkan pemerintah, diantaranya yaitu tunjangan kinerja, Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP).

Lebih lanjut, ada juga tunjangan ASN yang lain, seperti tunjangan hari raya (THR), tunjangan profesi guru (TPG) khusus untuk guru sertifikasi dan beberapa tunjangan yang lainnya.

Alokasi anggaran tunjangan ASN, khususnya TPG berasal dari APBN melalui DAK Non Fisik yang merujuk dalam Permendikbud Ristek No. 4 Tahun 2022 yang merujuk pada PP Nomor 19 tahun 2017.

Baca Juga: Masih Dibuka, Inilah Cara Daftar Beasiswa LPDP 2023, Lengkap dengan Jadwal dan Kategorinya

Sementara itu, untuk Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) mengacu dalam PP No. 12 tahun 2019 yang disalurkan Pemda dengan memerhatikan kemampuan daerah atas persetujuan DPRD.

Besaran TPP memiliki perbedaan pada setiap daerah sesuai dengan kemampuan di daerah tersebut.

TPP diberikan berdasarkan beberapa pertimbangan yaitu dengan mempertimbangkan beban kerja, tempat bertugas, kondisi kerja, kelangkaan profesi, prestasi kerja, dan juga mempertimbangkan objektif lainnya.

Atas hal itu, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat memberikan tambahan alokasikan anggaran Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) di tahun 2023 untuk 4.000 Aparatur Sipil Negara (ASN) sehingga anggarannya mencapai Rp78 miliar.

Baca Juga: Mengenal Profesi Dokter Pemeriksa Kesehatan Tenaga Kerja, Cek Tugas dan 7 Syarat Ajukan Surat Permohonan!

Halaman:

Editor: Dian R.T.L. Syam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x