Apa Itu Investasi Saham: Cek Begini Pengertian, Keuntungan, Risiko dan Cara Membelinya

- 13 Maret 2023, 07:51 WIB
Ilustrasi. Berikut penjelasan seputar investasi saham mulai dari pengertian, keuntungan, hingga risiko
Ilustrasi. Berikut penjelasan seputar investasi saham mulai dari pengertian, keuntungan, hingga risiko /Pexels/Energepic/

BERITASOLORAYA.com - Apakah kalian telah memutuskan untuk masuk ke pasar saham? Itu bagus! Tapi apa itu saham? Dan bagaimana Anda membelinya?

Yah, itu cukup sederhana. Saham adalah bagian dari sebuah perusahaan. Kalian bisa menganggapnya sama seperti memiliki sebagian kecil saham perusahaan itu. Jika perusahaan berkinerja baik, nilai saham kalian akan naik. Jika perusahaan merugi atau bangkrut, saham kalian mungkin akan turun nilainya.

Berikut penjelasan lengkap tentang saham seperti dilansir BeritaSoloRaya.com dari laman sikapiuangmu.ojk, pada Minggu, 12 Maret 2023.

Saham adalah salah satu instrumen investasi seperti halnya reksadana. Hanya saja, saham merupakan tanda penyertaan modal seseorang atau badan usaha pada sebuah Perseroan Terbatas (PT).

Baca Juga: Semua Pelaku Usaha Berkesempatan Mendapatkan KUR 2023, Simak Selengkapnya...

Dengan adanya penyertaan modal itu, maka seseorang atau badan usaha tersebut mempunyai hak atas pendapatan perusahaan, aset dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Sementara itu, pembentukan harga saham terjadi akibat adanya permintaan dan penawaran atas saham tersebut.

Pasalnya, dalam aktivitas perdagangan saham sehari-hari, harga-harga saham tersebut seringkali mengalami fluktuasi.

Halaman:

Editor: Syifa Alfi Wahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x