AWAS, TPG Triwulan 2 Belum Cair Bisa Jadi karena Masalah Ini, Segera Perbaiki dari Sekarang!

- 5 Juli 2023, 20:50 WIB
Ilustrasi. Berikut kendala TPG triwulan 2 belum cair
Ilustrasi. Berikut kendala TPG triwulan 2 belum cair /Pixabay/TheDigitalWay/

BERITASOLORAYA.com – Belum banyak guru sertifikasi yang menerima pencairan Tunjangan profesi guru atau TPG triwulan 2 tahun 2023 ini.

Merujuk Permendikbudristek Nomor 4 Tahun 2022, pencairan TPG triwulan 2, juga dikenal sebagai tunjangan guru sertifikasi, jadwalnya adalah di bulan Juni.

Namun hingga bulan Juli 2023, berdasarkan informasi yang dihimpun BeritaSoloRaya.com dari kanal YouTube Guru Abad 21, TPG triwulan 2 baru dicairkan untuk satu wilayah saja, yaitu Kabupaten Garut untuk guru SD dan SMP.

Terlambatnya pencairan TPG triwulan 2 yang melebihi jadwal bisa jadi karena ada berbagai masalah, baik itu dari pemerintah daerah selaku penyalur atau dari para guru sertifikasi itu sendiri.

Baca Juga: Rania Maheswari Bongkar Rasanya Jadi Bagian Keluarga Bangsawan! Gak Cuma Sukacita, Ini Dukanya...

Perlu diketahui, pencairan TPG triwulan kedua tahun 2023 dilakukan setelah Pusat Layanan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Puslapdik) melakukan sinkronisasi data guru sertifikasi.

Data guru sertifikasi di Dapodik disinkronkan melalui aplikasi SIM-Tun. Proses sinkronisasi TPG triwulan 2 dijadwalkan setiap akhir bulan Mei.

Berikut adalah beberapa kendala yang mungkin menyebabkan keterlambatan pencairan TPG triwulan kedua:

1. Ketidaksesuaian Data Guru Sertifikasi dengan Data BKN

Kadang-kadang terjadi ketidaksesuaian antara data guru sertifikasi di Dapodik dengan data guru yang tercatat di Badan Kepegawaian Negara (BKN). Oleh karena itu, guru perlu melakukan verifikasi manual antara kedua data tersebut.

Halaman:

Editor: Syifa Alfi Wahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x