Sebanyak 1,6 Juta Guru Melongo Belum Dapatkan Tunjangan Sertifikasi, Pemerintah Makin Terdesak?

- 28 Februari 2023, 21:15 WIB
Ilustrasi. 1,6 juta guru di Indonesia dikatakan belum menerima tunjangan sertifikasi, P2G mendorong pemerintah Indonesia untuk menyejahterakan guru
Ilustrasi. 1,6 juta guru di Indonesia dikatakan belum menerima tunjangan sertifikasi, P2G mendorong pemerintah Indonesia untuk menyejahterakan guru /wavebreakmedia_micro/

BERITASOLORAYA.com - Adanya kabar 1,6 juta guru dikatakan belum terima tunjangan sertifikasi datang dari Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G).

Guru yang mendapatkan tunjangan sertifikasi adalah guru yang telah memiliki sertifikat pendidik, memang benar pemberian tersebut berbeda antara guru PNS dengan guru honorer.

Kabar 1,6 juta guru yang belum dapatkan tunjangan sertifikasi cukup tersorot lantaran pemerintah dianggap belum sepenuhnya menyejahterakan guru.

Baca Juga: Guru Auto Galau, TPG Triwulan 1 yang Cair Maret 2023 Tidak Dibayarkan? Cek Dulu Faktanya…

Adanya 1,6 juta guru yang belum dapatkan tunjangan sertifikasi membuat P2G semakin mendesak pemerintah untuk terus meningkatkan kesejahteraan guru.

P2G mengaitkan hal ini dengan adanya UU guru dan dosen pasal 14 yang menyebutkan pemenuhan kebutuhan pemerintah kepada guru sebagai berikut:

"Guru berhak memperoleh penghasilan di atas kebutuhan hidup minimum dan jaminan kesejahteraan sosial," terang Satriawan Salim yang merupakan Koordinator Nasional P2G yang dikutip dari laman Antara News.

Baca Juga: Persib Kalah Lawan Barito Putera, Walau Kecewa Luis Milla Justru Senang

Pada pernyataan ini, P2G juga menekankan bukan hanya guru PNS ataupun PPPK saja, tetapi juga kesejahteraan guru honorer atau non-ASN yang nasibnya masih terkatung-katung.

Halaman:

Editor: Egia Astuti Mardani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x