Presiden Jokowi Naikkan Gaji ASN 8-12 persen? Dikonfirmasi Menkeu Sri Mulyani, Ini Besaran Tiap Golongan

- 26 Agustus 2023, 21:05 WIB
Presiden Jokowi umumkan kenaikan gaji PNS dan Pensiunan
Presiden Jokowi umumkan kenaikan gaji PNS dan Pensiunan /
 

BERITASOLORAYA.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi ketika membacakan pidato RUU R-APBN 2024 dan nota keuangan di gedung DPR mengumumkan, akan menaikkan gaji pokok Aparatur Sipil Negara (ASN) sebesar 8 persen dan 12 persen untuk seluruh Golongan, dari Golongan I hingga Golongan IV.

Diusulkan dalam RAPBN 2024, gaji pokok ASN akan naik sebesar 8 persen untuk para PNS, PPPK, POLRI, dan TNI, sedangkan kenaikan gaji 12 persen diberikan pada pensiunan.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani melalui pernyataan resminya menyampaikan jika, angka kenaikan gaji ASN yang diputuskan telah melalui perhitungan yang mendetail.

Baca Juga: Uji Coba Razia Uji Emisi Diberlakukan di DKI Jakarta, 516 Pengendara Kena Tilang

Penghitungan kenaikan gaji ASN dilaksanakan dalam konteks seluruh alokasi anggaran negara yang tercantum, dalam Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RUU APBN) tahun 2024.

Sri Mulyani juga menekankan bahwa Indonesia telah berhasil mengendalikan angka inflasi secara signifikan usai pandemi Covid-19, yang menunjukkan upaya keras pemerintah untuk menjaga kestabilan ekonomi.

Meski kenaikan gaji untuk ASN ini merupakan berita baik, tetapi perlu diingat jika dalam pelaksanaannya tidaklah mudah.

Proses perhitungan anggaran dilakukan dengan cermat serta, diikuti dukungan dari berbagai pihak agar kebijakan kenaikan gaji ASN dapat terwujud.

Baca Juga: Berawal Dianggap Sebagai Bisnis Tak Lazim, Merek AQUA kini Diakui Sampai Mendapat Penghargaan Berkali-Kali

Dalam hal ini, dukungan dari seluruh komponen masyarakat, termasuk instansi terkait dan lembaga pemerintah, menjadi faktor penting dalam menjamin kesuksesan implementasi kenaikan gaji ini.

Halaman:

Editor: Anbari Ghaliya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x